Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bappeda Jabar), Iendra Sofyan menuturkan perkembangan rencana pembangunan Jalan Layang atau Flyover Bojongsoang saat ini telah masuk pada tahap kajian.
 
"Masuk pada tahap kajian. Jadi  Flyover Bojongsoang itu belum ada kajian secara detail, mau panjangnya berapa, dari mana ke mana. Sehingga jangan sampai disananya enggak macet tapi disininya macet," ujar Iendra Sofyan, ketika dihubungi, Senin.

Baca juga: Bupati Bandung: Pembangunan Flyover Bojongsoang disetujui
 
Dia mengatakan Pemprov Jawa Barat berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dalam tahap pembahasan dan kajian rencana pembangunan Flyover Bojongsoang tersebut.
 
Selain itu, lanjut Iendra, ada juga Badan Pengatur Jalan Kementerian Pekerjaan Umum untuk berkolaborasi dalam mematangkan rencana ini.
 
"Sehingga semuanya akan kita bahas secara rinci. Dan semoga kalau pembahasannya sudah satu atau dua tahun ke depan, kita akan segera bangun," kata dia.
 
Dia menuturkan Pemprov Jabar memastikan rencana pembangunan ini memang ada di atas jalan provinsi, bukan Kabupaten Bandung namun Pemerintah Kabupaten Bandung memiliki hubungan.
 
"Sehingga, harus berkolaborasi bersama. Jadi setelah kemarin kita klarifikasi bahwa itu jalannya milik provinsi tetapi ada hubungan antara kabupaten kota, teman-teman BMPR antara provinsi dan kabupaten sudah bicara," kata dia.
 
Berdasarkan hasil dari kajian juga masih belum diketahui secara pasti, Iendra mengatakan saat ini proses kajian rencana pembangunan Flyover Bojongsoang masih berjalan.
 
Sehingga nantinya, saat kajian rampung maka akan dilanjutkan pada tahap perencanaan lainnya.

"Hasilnya saya belum dapat informasi lagi, tetapi kalau tidak salah tahun ini akan coba dikaji secara cepat. Jadi ini berprogres," kata Iendra.

Sebelumnya, Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebut pembangunan Flyover atau Jalan Layang Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dadang menyebut Flyover Bojongsoang merupakan infrastruktur yang cukup penting untuk dibangun mengingat aktivitas lalu lintas di jalan tersebut yang cukup tinggi.

Baca juga: Bupati Bandung sebut harus dibangun jalan layang di Jalan Raya Bojongsoang

Prinsipnya usulan kami yang tempo hari itu disetujui oleh Pemprov Jawa Barat," kata Dadang di Bandung.
 
Menurut dia, pembangunan flyover tersebut pun bakal dikaji terlebih dahulu. Namun, flyover itu direncanakan akan dibangun pada 2023 ini.
 
Selain flyover, menurutnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun bakal merenovasi Jembatan Dayeuhkolot.

Dadang mengatakan pembangunan jembatan itu pun merupakan hal yang penting karena kini jembatan itu hanya sebelah yang bisa digunakan secara optimal.
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023