Kepolisian Resor Tasikmalaya menerjunkan sejumlah personel gabungan dari unsur satuan untuk mengantisipasi kegiatan balapan liar dan kemacetan pada waktu sore hari saat banyak masyarakat ngabuburit atau melakukan kegiatan sambil menunggu waktu Adzan Magrib di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Kami pastikan setiap sore ter-plotting personel di titik rawan kemacetan dalam kota," kata Kepala Bagian Operasi Polres Tasikmalaya Kota Kompol Cecep Bambang di Tasikmalaya, Jumat.

Baca juga: Polres Tasikmalaya Kota sita 26 sepeda motor dari komplotan pencuri

Ia menuturkan kegiatan masyarakat saat Ramadan terjadi peningkatan, terutama sore hari banyak warga keluar rumah untuk ngabuburit atau melakukan kegiatan sambil menunggu Adzan Magrib.

Upaya mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban umum, kata dia, maka jajarannya menerjunkan puluhan personel gabungan yang disebar di setiap titik keramaian masyarakat maupun jalan yang disinyalir dijadikan tempat balapan liar.

"Melakukan pengamanan untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kelancaran aktivitas warga, menjelang buka puasa," katanya.

Ia menyampaikan jajarannya juga membagi dua tim yang khusus berpatroli sepanjang jalur-jalur keramaian orang dan melakukan pengawasan jalan di wilayah persimpangan Lanud hingga Leuwianyar, dan Jalan Letjen Mashudi hingga persimpangan Jalan Lottemart, Kawalu.

Selain itu, lanjut dia, tim khusus lainnya juga diturunkan yakni Patroli Reaksi Cepat Maung Galunggung yang siap siaga memberikan pengamanan secara rutin di sore hari.
Ia menambahkan operasi pengamanan di Ramadan juga difokuskan pada larangan kegiatan Sahur On The Road, kemudian tidak boleh menyalakan petasan karena mengganggu kenyamanan dan ketertiban umum.

"Polres Tasikmalaya Kota dan jajarannya fokus harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat), agar situasi Ramadan tahun ini lebih khusyuk untuk masyarakat yang menjalankan ibadah puasa," katanya.

Selain jajaran Polres Tasikmalaya Kota, jajaran dari Kepolisian Sektor juga diturunkan untuk pengamanan sore hari saat Ramadhan.

Baca juga: 4 oknum ASN Pemkot Tasikmalaya positif sabu

Salah satunya yang dilakukan jajaran Polsek Mangkubumi mengantisipasi kegiatan balapan liar di Jalan Mangkubumi-Indihiang, dan juga patroli keliling.

Kapolsek Mangkubumi Iptu Hartono mengatakan, sejumlah personel disiagakan untuk berpatroli dan menyisir setiap jalan yang disinyalir dijadikan kegiatan balapan liar kendaraan sepeda motor.

"Kami secara rutin tiap sore selalu berpatroli di tempat ini untuk meminimalisir trek-trekan atau balapan yang dapat meresahkan serta mengganggu pengguna jalan lain," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023