Antarajawabarat.com, 29/5 - Sebanyak 8.000-an anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kota Bandung akan memback up Polrestabes Bandung dalam pengamanan Pilkada Kota Bandung 2013.

"Ada sekitar 8.000-an anggota Linmas yang akan dikerahkan untuk membantu pengamanan Pilkada Kota Bandung 2013, mereka dibawah koordinasi Satpol PP Kota Bandung, sedangkan Polrestabes Bandung akan mengerahkan 1.700 personil, belum termasuk bantuan dari TNI dan Polda Jabar," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rahman Baso di Bandung, Rabu.

Kapolrestabes Bandung menyebutkan, aparat pengamanan sudah siap siaga untuk pengamanan pesta demokrasi di Kota Bandung itu. Rencananya Kamis (30/5) besok jajarannya akan menggelar pasukan di Lapangan Gasibu Kota Bandung untuk memastikan kesiapan personil.

"Besok kami akan gelar pasukan pengamanan Pilkada di Lapangan Gasibu, sedangkan untuk gelar pasukan Linmas akan dilakukan menjelang hari tenang," kata Kapolrestabes.
Lebih lanjut, Kapolrestabes Bandung menyebutkan, jumlah TPS di Kota Bandung sekitar 4.120-an, yang tersebar di 30 kecamatan di Kota Kembang.

"Setiap TPS akan dijaga oleh dua anggota Linmas dan anggota Polri yang diseuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kerawanan. Partroli mobil akan disiapkan maksimal," katanya.

Ia menyebutkan, jumlah TPS yang ada tidak sesuai dengan jumlah personil Polri, sehingga dilakukan pengaturan pengawalan TPS sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Namun demikian, kata dia pihaknya memiliki pengalaman dalam Pilkada Jabar 2013 lalu dimana skema pengamanan dan personilnya tidak jauh berbeda.

"Kebetulan beberapa bulan lalu baru Pilkada Jabar, Kota Bandung berlangsung cukup aman dan pengamanan cukup efektif. Kami cukup beruntung beberapa waktu lalu ada Pilkada sehingga penggelaran pasukan untuk Pilkada Kota Bandung tidak jauh beda dengan itu," kata Kapolresta.

Selain menjaga TPS, pengamanan juga dilakukan di obyek-obyek vital seperti kantor pemerintahan, Telkom, gardu PLN serta beberapa obyek vital lainnya termasuk Kantor KPU, Panwaslu serta pengamanan melekat pada calon wali kota dan wakil wali kota yang jumlahnya delapan pasangan.

"Setiap calon wali kota sudah kami kerahkan masing-masing delapan personil," kata Kapolrestabes Bandung itu menambahkan.***2***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013