Antarajawabarat.com,16/5 - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan Kota Tasikmalaya dari 16 pemerintah kabupaten/kota lainnya yang layak mendapatkan penghargaan "Swasti Saba Padapa" atau Kota Sehat ke Kementerian Kesehatan.

"Dari 26 Kabupaten dan kota di Jabar 16 diantaranya termasuk Kota Tasikmalaya diusulkan oleh Pememerintah Provinsi untuk mendapat penghargaan Swasti Saba Padapa," kata Ketua Tim Penilai Lomba Kota Sehat juga Biro Yansos Provinsi Jawa Barat, Julianto di Tasikmalaya, Rabu.

Ditemui saat acara penerimaan tim "Rechecking" lomba Kota Sehat di aula Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kota Tasikmalaya, Julianto mengatakan usulan itu hasil verifikasi dan pendokumentasian tahap seleksi awal tim penilai.

"Hasil penilaian, Kota Tasikmalaya memang layak mendapatkan predikat Kota Sehat," katanya.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Idi S Hidayat berharap meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dari Kementerian Kesehatan RI untuk memicu semangat pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus menjaga lingkungan yang sehat dan bersih.

Predikat penghargaan Kota Sehat itu, kata Idi, bukan akhir dari kinerja pemerintah daerah, melainkan dapat terus dilanjutkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat bidang kesehatan.

"Penciptaan Kota Sehat bukan hanya untuk mengejar penghargaan semata tetapi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dan menjadi tugas kita sebagai pelayan masyarakat kerjasama dengan semua pihak," kata Idi.

Pemerintah Kota Tasikmalaya telah menyiapkan dua tatanan untuk penilaian Kota Sehat yaitu kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, serta kehidupan masyarakat yang sehat mandiri.

Lokasi yang direkomendasikan kepada tim pembina Kota Sehat Provinsi Jawa Barat yaitu fasilitas umum dan kawasan terbuka antara lain Rumah Potong Hewan (RPH), alun-alun Tasikmalaya, dan kawasan pendidikan di SD Negeri Sukamanah 2.

Selanjutnya pemberdayaan dan kemandirian masyarakat sehat dengan mendirikan Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Indihiang, Posyandu Perum Bumi Asri, Leuwidahu dan Puskesmas Cipedes serta Sekretariat Tim Pembina Kota Sehat dan Forum Kota Sehat, Kota Tasikmalaya.***4***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013