Ketua Dekranasda Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Kamil, mengapresiasi pelaksanaan ajang Indonesia Hijab Walk (IHW) ke-3 di Kota Bandung, terlebih 80 persen pengisi acara pada ajang tersebut adalah perempuan.
 
"Di IHW ini 80 persen pelakunya perempuan. Perempuan bisa jadi yang terdepan, menjadi juara," kata Atalia Praratya Kamil, seusai menghadiri pembukaan ajang IHW ke-3, di Kota Bandung, Jumat.

Baca juga: Dewan Perdagangan Hong Kong bertemu Dekranasda dan Kadin Jawa Barat bicarakan peluang bisnis
 
Menurutnya, perempuan harus mampu memajukan ekonomi, salah satunya seperti di acara ini dan banyak perancang busana perempuan yang mempunyai kapabilitas yang baik, bahkan hingga level yang tinggi.
 
Oleh karena itu, kata Atalia, para perempuan yang menjadi desainer tersebut harus diberi apresiasi. Selain desainer ada pula perempuan yang menjadi penulis, mengajar tentang parenting sehingga semakin banyak perempuan yang berkiprah maka akan semakin baik, ucapnya.
 
Sebanyak 50 orang perancang busana ikut berpartisipasi dalam ajang IHW ke-3 yang digelar selama tiga hari mulai Jumat (10/3) sampai Minggu (12/3) dengan mengambil tema "Ramadhan Kareem."
 
Mayoritas perancang busana memamerkan rancangan busana jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.
 
Dalam pembukaan IHW, Atalia Praratya menyebut keterlibatan perempuan dalam dunia fesyen memberikan inspirasi bagi kaum perempuan lain. Istri Gubernur Jawa Barat ini menyebutkan IHW diinisiasi perempuan dan mayoritas pelaku industri fesyen juga perempuan. "Perempuan bisa jadi ujung tombaknya," ujar Atalia.
 
Karya perancang busana di industri fesyen Indonesia, kata Atalia, semakin berkembang, dan beragam. Bahkan, lanjutnya, saat ini industri modest fashion muslim atau busana muslim Indonesia berada di peringkat ke-3 dunia.

Baca juga: Dekranasda Garut studi pengembangan UMKM ke Sleman
 
Sementara itu jenama fesyen mulai mengincar pangsa pasar busana muslim menjelang momentum Bulan Suci Ramadhan tahun 2023 ini.
 
Di ajang Indonesia Hijab Walk (IHW), salah satu jenama Biyantie berkolaborasi dengan perancang Kursien Karzai, menampilkan delapan karya tas terbaru yang akan dirilis menjelang Ramadhan.
 
"IHW momentum pas untuk rilis produk terbaru jelang Ramadhan. Ada delapan tas terbaru yang Biyantie rilis," kata Setiawan Ananto CEO Biyantie.
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023