Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut, Jawa Barat melakukan studi tiru pengelolaan Dekranasda Sleman dan belajar upaya pengembangan produk dari usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Ini yang perlu kita tiru dan para UMKM-nya juga mempunyai space, tempat di mana mereka bisa menggelar produknya yang sangat premium," kata Ketua Dekranasda Garut, Diah Kurniasari Gunawan melalui siaran pers kunjungan kerja Dekranasda Garut ke Sleman, Senin.

Baca juga: Dekranasda Garut bagikan kompor listrik untuk perajin batik garutan

Rombongan Dekranasda sebanyak 18 orang itu diterima oleh Wakil Ketua II Dekranasda Sleman, Dwi Wulandari, didampingi Sekretaris Dekranasda Sleman, Rian Hermawan, di Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman.

Diah menyampaikan alasan kunjungan ke Sleman, salah satunya karena Dekranasda Sleman memiliki gedung yang megah, bahkan menjadi 10 besar gedung Dekranasda terbaik di Indonesia.

Gedung itu, kata dia, memiliki ruang bagi UMKM pilihan untuk meningkatkan kapasitas dalam pengembangan produknya, sehingga menarik ditiru untuk diterapkan juga oleh Dekranasda Garut.

"Kita harus meniru, meniru yang terbaik, apalagi ini ditirunya memang harus ditiru," katanya.
Menurut dia, keberadaan Gedung Dekranasda Sleman mampu menarik perhatian pengunjung untuk melihat berbagai produk UMKM di Sleman.

Setelah kunjungannya ke Sleman, pihaknya akan berupaya menghidupkan kembali Gedung Dekranasda Garut di tahun 2023 karena selama ini, terutama saat pandemi COVID-19, sempat terhenti kegiatannya.

"Jadi, bagaimana kita menghidupkan kembali, khususnya Gedung Dekranasda yang ada di Kabupaten Garut, karena mungkin selama covid ini kita belum menghidupkan kembali, insya Allah di 2023 kami akan menyemarakkan kembali Deskranasda Kabupaten Garut," kata Diah.

Baca juga: Dekranasda dorong pelajar di Garut memiliki kemampuan membatik

Wakil Ketua II Dekranasda Sleman, Dwi Wulandari, menyatakan kunjungan yang dilakukan Dekranasda Garut merupakan sebuah penghormatan tersendiri, dan juga merupakan kesempatan untuk bisa saling belajar satu sama lain, apalagi Garut juga dikenal dengan banyak potensi produk unggulan yang mendunia.

Ia menjelaskan Gedung Dekrasda Sleman itu merupakan tempat bagi UMKM untuk belajar dan mempromosikan produk agar bisa dikenal lebih luas, sehingga produknya terus berkembang.

"Di tempat kita di Deskranasda Kabupaten Sleman ini adalah kita menyebutnya rumah UMKM Kabupaten Sleman, rumah untuk belajar bagi UKM Sleman, rumah untuk mempromosikan produk-produk daripada kerajinan, produk-produk UKM Kabupaten Sleman agar lebih banyak orang mengenal dengan promosi, dan pemasaran yang lebih baik lagi," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022