Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menargetkan tebar 1 juta benih ikan tahun 2023 ke setiap danau maupun embung untuk memberikan manfaat bagi masyarakat agar mudah mendapatkan ikan sehingga bisa menaikkan gizi masyarakat karena mengkonsumsi ikan.

"Tahun ini (2023) targetnya kita sekitar 1 juta ekor kita tebar di situ atau danau, embung, irigasi, dan sungai," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut, Sofyan Yani di Garut, Rabu.

Ia menuturkan program stok ulang ikan di tempat-tempat kolam yang ada di Garut itu merupakan upaya pemerintah menjaga ketersediaan ikan di lingkungan sekitar masyarakat.

Pada program 2023, kata dia, sudah menyebarkan ikan sebanyak 210 ribu benih nila di kawasan Situ Rancahideung di Kecamatan Cihurip dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut.

"Kita saat ini sudah restocking ikan di Situ Rancahideung, tujuannya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Sofyan.

Ia menyampaikan program penebaran ikan itu dalam rangka memudahkan masyarakat untuk bisa mendapatkan ikan dengan mudah dan gratis di lingkungan sekitar.

Selama ini, kata dia, masyarakat yang berada di sekitar danau biasa melakukan aktivitas mencari ikan untuk konsumsi sendiri maupun bisa menjadi sumber penghasilan ekonomi masyarakat.
"Kami berupaya untuk menjaga ketersediaan ikan di masyarakat yang sifatnya gratis, maka kami melakukan restocking supaya masyarakat mudah mendapatkan ikan dengan gratis," katanya.

Ia berharap setelah adanya ikan yang dekat dengan lingkungan masyarakat maka tingkat konsumsi ikan di Garut bisa terus naik yang saat ini baru 38,8 kg per kapita per tahun.

Jika konsumsi ikan naik, kata dia, maka akan mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat, termasuk bisa mengatasi permasalahan stunting, dan akan mendongkrak perekonomian masyarakat.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023