Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lembang menangani lima korban kejadian keracunan massal di Kampung Cijengkol, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Direktur Utama RSUD Lembang Ahmad Oktorudi mengatakan bahwa lima korban keracunan yang menjalani perawatan di rumah sakitnya terdiri atas tiga anak dan dua orang dewasa yang dirujuk dari posko kesehatan darurat di Kampung Cijengkol.

Baca juga: Dinkes uji sampel makanan penyebab seratusan warga Lembang alami keracunan

"Ada laporan mau datang lagi satu pasien, mudah-mudahan tidak menambah parah penyakitnya akibat keracunan itu," kata Ahmad di RSUD Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa lima korban keracunan yang dirawat di rumah sakit umumnya mengeluh mual serta muntah-muntah dan diare. Kelima pasien itu masih menjalani perawatan di RSUD Lembang.

"Jika tidak bisa ditangani di sini mungkin dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut," kata Ahmad.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan bahwa menurut data sementara ada 168 warga yang mengalami keracunan di Kampung Cijengkol.

Mereka diduga keracunan setelah menyantap makanan dari acara pernikahan pada Minggu (26/2). Warga yang diduga keracunan sudah mendapat perawatan di posko kesehatan darurat, puskesmas, dan rumah sakit.

Baca juga: KSP Moeldoko ikuti penyuntikan Vitamin C untuk masyarakat di Lembang

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023