Warga dari berbagai kalangan bersama dengan pejabat pemerintah daerah menyambut antusias digelarnya Festival 1.000 Liwet yang serentak dilaksanakan di pusat kota dan tiap kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat dalam rangka mempererat kebersamaan di Hari Jadi ke-210 Garut.

Kegiatan makan bersama nasi liwet itu dibuka oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman dan sejumlah pejabat pemerintah lainnya yang berkumpul bersama di Alun-alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kamis.

Salah seorang warga yang hadir dalam acara Festival 1.000 Liwet, Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut cukup bagus karena membangun kebersamaan antara pejabat dengan masyarakatnya yang makan bersama nasi liwet di lapangan.

"Saya sangat apresiasi kegiatan ini, kalau bisa, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada momentum hari jadi Garut, di momen lain juga sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan gizi masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut Haeruman mengatakan, kegiatan Festival 1.000 Liwet itu merupakan kolaborasi pemerintah daerah dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BUMD, BUMN, desa, kelurahan, dan sejumlah instansi lainnya.

Ia menyebutkan kegiatan itu tidak hanya di Alun-alun Garut tapi juga diselenggarakan di kecamatan, dan desa, terutama di daerah yang terdampak bencana alam gempa bumi di Kecamatan Pasirwangi dan Samarang.

"Kami melaksanakan ini agar tidak ada sekat antara pejabat dengan masyarakat, kita makan bersama, bergembira bersama, kita juga berempati kepada masyarakat kurang mampu," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan makan nasi liwet tersebut upaya mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai gizi dalam makanan, dan berbagai manfaatnya.

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Pemkab Garut itu, kata dia, ke depan akan terus dilaksanakan dengan melibatkan pihak yang lebih banyak lagi, sehingga nasi liwet yang disajikan lebih banyak dan beragam.

"Ke depan insya Allah akan kita lakukan lagi, mudah-mudahan lebih banyak lagi, tak hanya 1.000 liwet," kata Haeruman.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat yang berbondong-bondong datang ke Alun-alun untuk makan bersama dengan unsur jajaran pemerintah daerah dalam rangka membangun kebersamaan.

"Kami ingin semua berpartisipasi, tidak hanya di pusat kota melainkan juga di wilayah, jadi kami undang masyarakat untuk makan bersama PNS untuk meningkatkan kebersamaan," kata Helmi.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023