Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hengki Kurniawan memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk menangani secara maksimal puluhan warga yang mengalami keracunan akibat makanan di Desa Cilangari, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
 
"Dinkes sudah saya instruksikan untuk turun langsung menangani korban yang mengalami keracunan," kata Hengki, Selasa.

Baca juga: Satu orang meninggal dunia akibat keracunan di Bandung Barat
 
Dia pun meminta Dinkes Kabupaten Bandung Barat untuk menangani secara cepat sebelum timbulnya korban lain. Dia memastikan korban yang saat ini dirawat di Puskesmas Gununghalu dan RSUD Cililin ditangani secara maksimal.
 
Bupati itu mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa puluhan warga Desa Cilangari tersebut. Hengki berharap agar seluruh korban keracunan itu bisa sembuh dan beraktivitas secara normal.
 
"Saya ikut prihatin atas peristiwa ini. Kemarin sudah gerak cepat baik dari Dinkes dan Jabar," kata dia.
 
Sebelumnya, Kepala Desa Cilangari Sabana mengatakan ada sebanyak 83 warganya yang keracunan usai menyantap nasi boks saat acara keagamaan pada Sabtu (11/2).
 
Dari kejadian itu, puluhan warga tersebut kemudian sempat dievakuasi ke sebuah masjid di desa itu untuk mendapatkan perawatan medis. Kemudian beberapa korban dibawa ke Puskesmas Gununghalu dan RSUD Cililin.
 
"Alhamdulillah beberapa warga sudah bisa pulang, tapi beberapa ada yang masih perlu dirawat di puskesmas dan RSUD," kata Sabana.


Baca juga: 77 warga di Bandung Barat keracunan makanan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023