Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyatakan seluruh puskesmas yang berada di daerah itu kini sudah melayani vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua, dan ketersediaan vaksin dipastikan aman.

"Seluruh puskesmas sudah bisa melayani vaksinasi COVID-19 dosis penguat kedua," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Sartono di Cirebon, Jumat.

Baca juga: Distan Kabupaten Cirebon suntikan sebanyak 7.221 dosis vaksin PMK

Sartono mengatakan sudah menerima surat petunjuk dari Kementerian Kesehatan terkait vaksinasi penguat dosis kedua bagi masyarakat umum, mengingat pada awalnya vaksinasi penguat tersebut ditunjukkan kepada tenaga kesehatan.

Menurutnya, untuk layanan vaksinasi penguat dosis kedua dilakukan di semua lokasi vaksinasi yang ada terutama di puskesmas Kabupaten Cirebon yang jumlahnya mencapai 60 unit.

Ia mempersilakan kepada masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi tinggal datang ke puskesmas, selama masih ada persediaan, maka dipastikan akan dilayani.
"Kalau vaksinasi, sudah biasa, tinggal masyarakat datang ke puskesmas, selama masih ada vaksin dipastikan akan dilayani," tuturnya.

Sartono menambahkan vaksinasi COVID-19 untuk dosis ketiga di Kabupaten Cirebon sudah mencapai 779.171 orang atau 49,67 persen dari target 1,9 juta, dan yang terbanyak yaitu tenaga kesehatan, di mana telah mencapai 10.923 jiwa atau 141 persen dari target sasaran 7.294 jiwa.

Baca juga: Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon sebut tidak ada kerusakan tanaman padi saat banjir

Sedangkan untuk dosis keempat atau penguat dosis kedua, bagi tenaga kesehatan baru 53 persen atau 3.928 nakes yang mendapatkan suntikan.

"Untuk total dosis keempat atau penguat kedua, jumlahnya 4.246 orang yang telah menerima vaksin," katanya.*

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023