Dinas Pekerjaan Umum Tatang Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menuntaskan pekerjaan penataan kawasan jalur pedestrian Jalan Siliwangi tahap I, yang akan diperuntukkan bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Cianjur Eri Rihandiar di Cianjur, Jabar, Minggu, mengatakan pembangunan pedestrian Jalan Siliwangi tahap II dan III akan dilanjutkan tahun ini sepanjang 800 meter mulai dari pertigaan Alun-alun Cianjur sampai pertigaan Pangeran Hidayattulah.

"Untuk pedestrian Jalan Siliwangi nantinya akan menjadi lokasi bagi pelaku UMKM dalam menjual dan mempromosikan produknya sesuai perintah Bupati Cianjur Herman Suherman, di mana terdapat kios yang sudah ditata dengan baik," katanya.

Penataan sepanjang pedestrian tersebut akan sagat diperhatikan, sehingga pelaku usaha yang menjajakan produknya dan wisatawan yang datang dapat menikmati suasana pusat Kota Cianjur dengan nyaman.

Eri menjelaskan untuk pembangunan tahap II pihaknya menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp5 miliar dan saat ini sudah dalam proses tender dan kalau lancar sampai ke tahap pemenang selama satu bulan, apabila tidak ada sanggahan, sehingga kontrak langsung dieksekusi.

"Tahap rehabilitasi trotoar Jalan Siliwangi sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dan targetnya tiga tahap, untuk tahap II saat ini masih dalam tahap lelang, kalau sudah ada pemenang akan langsung dibuatkan kontrak dan pembangunan berjalan," katanya.

Sesuai dengan detail engineering design (DED) yang ada, tutur Eri, lokasi untuk pelaku UMKM akan disediakan lebih banyak, sehingga mereka memiliki pasar yang jelas guna mempromosikan dan sekaligus menjual berbagai macam produk unggulan yang dihasilkan.

Eri menambahkan ketika anggaran mencukupi panjangnya pedestrian Jalan Siliwangi akan terus ditambah dan disesuaikan, sehingga pusat Kota Cianjur memiliki pedestrian yang berbeda dengan wilayah lain seperti Jalan Braga, Bandung, atau Malioboro, Yogyakarta.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023