Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Dinas KUK) Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji menuturkan Program Kredit BJB Mesra yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak 2018 telah menjangkau tiga provinsi yakni Jawa Barat, Banten, dan Bali.
 
"Jadi untuk Program Kredit Mesra ini telah mendapatkan Top 45 Pelayanan Publik. Jadi sekarang itu selain di Jawa Barat, sudah ke Banten dan Bali ya," kata Kusmana Hartadji seusai peresmian Gerai Petani Milenial di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Jumat.

Baca juga: Ridwan Kamil sebut Kredit Mesra libatkan masjid berantas rentenir
 
Kredit Mesra adalah program kredit tanpa bunga dan agunan hasil kerja sama antara Pemprov Jabar dengan lembaga keuangan/perbankan.
 
Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap permodalan, memudahkan masyarakat mendapatkan pembiayaan mikro, mengurangi angka pengangguran, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi selaras dengan keimanan.
 
Dia mengatakan masyarakat kurang mampu sangat membutuhkan dukungan untuk memperbaiki kualitas hidup tanpa terlilit jeratan rentenir.
 
"Program ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial di masyarakat khususnya daerah yang minim akan akses pembiayaan. Dipilihnya rumah ibadah sebagai tempat penyaluran karena untuk meningkatkan keimanan dan memudahkan akses," katanya.
 Kusmana menuturkan ada 12 kota tersalur Program Kredit BJB Mesra ialah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kota Banjar, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Tasikmakaya, Kota Denpasar, Kota Cilegon dan Kota Tangsel.
 
"Kemudian Program Kredit BJB Mesra sampai saat ini sudah disalurkan di seluruh kabupaten yang ada di Jawa Barat, total ada 21 kabupaten, satu kabupaten di  Bali dan dua kabupaten di Banten," kata dia.
 
Selain itu, lanjut Kusmana, Program Kredit BJB Mesra sampai saat ini sudah disalurkan di seluruh 397 kecamatan  di Jawa Barat, Bali, dan sudah disalurkan di seluruh 1.188 kelurahan/desa yang ada di Provinsi Jawa Barat, Bali, dan Banten.
 
 
 Baca juga: Wakil Gubernur Jabar: Kredit mesra BJB jadi solusi terhindar rentenir
 
 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Program Kredit BJB Mesra Jabar jangkau tiga provinsi

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022