Tim Satuan Tugas (Satgas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Peduli Cianjur mendampingi Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri dalam mendata korban gempa agar lebih valid.

"Data terus bertambah menjadi 321 korban meninggal karena ada jenazah yang langsung dikuburkan keluarga. Maka, untuk mendapatkan data korban meninggal secara lebih valid, kami tempatkan dua personel Satgas Dukcapil di rumah sakit mendampingi Tim DVI," kata Ketua Tim Satgas Dukcapil Indersan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Indersan menjelaskan Tim Satgas Dukcapil Kemendagri terus bekerja menyiapkan akta kematian bagi korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 SR di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jika korban telah diidentifikasi secara forensik oleh Tim DVI Polri dan pihak rumah sakit merilis surat keterangan kematian, maka akta kematian sudah bisa diterbitkan.

"Sehingga kami tidak rancu lagi data kematian yang ada di lapangan dengan yang sudah kami terbitkan akta kematian," tambah Indersan.

Hingga Minggu (27/11) pukul 19.30 WIB, Tim Satgas Dukcapil Kemendagri telah menerbitkan 262 dokumen kependudukan, yang terdiri atas 21 lembar akta kematian, 136 lembar kartu keluarga, dan 105 keping KTP elektronik.

Sementara itu, Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh telah meminta jajarannya untuk terus proaktif memberikan layanan penggantian dokumen kependudukan bagi warga terdampak gempa Cianjur.

"Tolong proaktif, terutama di Dinas Dukcapil Provinsi Jawa Barat dan Disdukcapil Kabupaten Cianjur untuk koordinasi dengan Tim Satgas Dukcapil Pusat. Perlu segera dilakukan layanan menerbitkan akta kematian tanpa diminta penduduk," ujar Zudan.

Sebelumnya Tim Identifikasi Korban Bencana (Disaster Victim Identification/DVI) Polri menyatakan berhasil mengidentifikasi dua jenazah pada hari ke-10 atau Rabu (29/11) pencarian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
 
"Kemudian kegiatan identifikasi mulai kemarin sampai siang ini, kami berhasil mengidentifikasi dua jenazah," kata Karo Dokpol Pusdokkes Polri Brigadir Jenderal dr A Nyoman Eddy Purnama Wirawan saat menyampaikan keterangan pers di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Kabupaten Cianjur, Rabu.

Baca juga: DVI identifikasi 3 jenazah di hari kesembilan pascagempa Cianjur
 
Jenazah pertama yang berhasil diidentifikasi ialah Nomor PM 062/22/CJR/150, teridentifikasi sebagai Nur Hasanah, perempuan 43 tahun, berasal dari Kampung Cugenang, RT03/01 Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
 
"Ini kami identifikasi berdasarkan sidik jari, gigi dan catatan medis serta properti," kata Nyoman.
 
Kemudian jenazah yang kedua ialah Nomor PM 062/22/CJR/153, teridentifikasi sebagai Roni Nurjaman, laki-laki, umur 27 tahun dan teridentifikasi sebagai warga Kampung Balong Kelurahan Suci Karangpawitan, Kabupaten Garut.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satgas Dukcapil dampingi Tim DVI Polri data korban gempa Cianjur

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022