Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengaku prihatin dengan kejadian kebakaran yang melanda Gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Jawa Barat, di Jalan Aceh Nomor 36, Senin, terlebih dirinya ikut merancang gedung tersebut saat menjadi Wali Kota Bandung.
 
"Saya turut prihatin. Karena saya ikut mendesain Bappelitbang dan pernah berkantor," kata Gubernur Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Senin.
 
Gubernur Ridwan Kamil juga berharap bagian atau ruangan Planning Galery di Gedung Bappelitbang tidak ikut terbakar.
 
"Planning Galery, saya enggak tahu itu kena atau tidak. Harusnya bawahnya enggak kena karena kan lantainya beton," kata dia
 
Gubernur juga belum mengetahui penyebab kebakaran di Kantor Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan menurutnya setiap gedung pemerintahan sudah memiliki kelayakan menghadapi insiden kebakaran.
 
"Karena yang saya tahu semua bangunan pemerintah itu sudah ada syarat dan prasyaratkan karena Damkar mengaudit setiap bangunan dan fungsinya," katanya.
 
Sebelumnya, Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, berhasil memadamkan kobaran api di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Jawa Barat.
 
Dibutuhkan waktu kurang lebih tiga jam bagi petugas damkar untuk bisa memadamkan si jago merah yang membakar gedung dua lantai di Komplek Balai Kota Bandung.
 
Sekitar pukul 13.00 WIB, petugas damkar melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan unsur panas.
 
Sementara itu, mulai pukul 15.00 WIB, sejumlah mobil damkar yang disiagakan di lokasi kebakaran mulai meninggalkan lokasi.*
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur Jawa Barat prihatin kebakaran Gedung Bappelitbang Bandung

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022