Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat menyatakan pihak perbankan membukukan 64 ribu pembukaan rekening baru, baik konvensional atau syariah selama Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2022.
 
"Di sektor perbankan, terdapat pembukaan rekening sebanyak total 64 ribu rekening baru, dengan nominal simpanan sebesar Rp7,5 miliar dan penyaluran kredit atau pembiayaan Rp2,88 triliun," kata Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono, di Bandung, Sabtu.

Jumlah tersebut, lebih rendah jika dibandingkan dengan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021.
 
Pada BIK tahun lalu, OJK Kantor Regional 2 Jawa Barat membukukan 93.900 pembukaan rekening baru, baik konvensional atau syariah.
 
Indarto juga menyampaikan, masyarakat cukup antusias mengikuti program-program yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan selama Bulan Inklusi Keuangan tahun ini.

Hal tersebut, dibuktikan dengan capaian transaksi produk dan layanan jasa keuangan yang tinggi selama bulan Oktober 2022 di Jawa Barat, juga meliputi sektor pasar modal.
 
Di sektor pasar terdapat penambahan jumlah investor (SID) baru sebanyak 60,6 ribu rekening dan nilai transaksi dari seluruh SID Jawa Barat sebesar Rp38,1 triliun.

Jumlah SID tersebut semakin mengukuhkan jumlah investor dari Jawa Barat merupakan yang terbanyak secara nasional.
 
Di Industri Keuangan Non Bank, tercatat penyaluran 86 ribu fasilitas pembiayaan dengan plafon sebesar Rp1,22 triliun.
 
Indarto Budiwitono mengatakan rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan yang telah dilaksanakan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan masyarakat Jawa Barat yang tidak hanya "well inclusive" namun juga "well literate".

Yakni masyarakat yang dapat memanfaatkan produk dan layanan keuangan sesuai kebutuhannya disertai dengan pemahaman yang cukup baik atas produk dan layanan keuangan yang dimiliki.
 
Berbagai bentuk kegiatan mendorong literasi dan inklusi keuangan telah dilaksanakan di Jawa Barat sepanjang bulan Oktober tahun 2022 ini, antara lain
program promo menarik yang ditawarkan lembaga jasa keuangan dalam bentuk discount, cashback, reward, poin dan lainnya selama satu bulan penuh.

Talkshow edukasi keuangan di media televisi dan radio serta OJK goes to campus sekaligus pembukaan rekening saham untuk mahasiswa.
 
Sosialisasi edukasi keuangan kepada Pelajar, Penyandang Disabilitas, Santri dan kelompok Perempuan atau ibu-ibu di wilayah Bandung Raya.

Selain itu, edukasi keuangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM juga dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Kawarang dan Kabupaten Bekasi.
Kegiatan donor darah di Universitas Telkom, bermain sambil belajar, mengenal dan menggunakan uang, serta belajar menabung sejak dini bersama anak-anak TK Telkom.
 
Sosialisasi edukasi keuangan dan Expo produk layanan Perusahaan Pembiayaan melalui acara Multifinance Day Business Matching kepada petani melalui Sistem Resi Gudang di Kabupaten Subang
 
Hal tersebut tercermin dengan capaian transaksi produk dan layanan jasa keuangan yang tinggi selama bulan Oktober 2022 di Jawa Barat, antara lain:
 
Pada kesempatan yang sama, OJK KR2 Jawa Barat memberikan apresiasi kepada para penggerak inklusi keuangan sebagai bentuk dukungan kepada tokoh masyarakat dan lembaga pendidikan yang turut serta berperan dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Jawa Barat.

Yakni Atalia Praratya, Tokoh Literasi dan Pemberdayaan Perempuan, Asep M Saepul Islam (Mang Amsi) , Tokoh Penggerak Inklusi Keuangan Pasar Modal Syariah, Kustini, Ketua HWDI Tokoh Penggerak Inklusi Keuangan Komunitas Difabel, Dede Koswara Petani Muda (Ketua Kelompok Regge Generation).
 
Lembaga Pendidikan Tingkat SMA Sederajat yakni SMK Pertiwi Kuningan dan Lembaga Pendidikan tingkat Perguruan Tinggi yakni Telkom University.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022