ANTARAJAWABARAT.com,1/1 - Pesta kembang api yang diiringi bunyi dentuman mewarnai langit Bandung Raya pada puncak Tahun Baru 2013 , Selasa (1/1) pukul 00.00 WIB.

Begitu jarum jam menunjukkan pukul 00.00 WIB, langit Bandung berubah menjadi kilatan api berwarna-warni dari kembang api yang disulut oleh warga Bandung.

Kembang api meluncur hampir dari seluruh penjuru Kota Bandung, terutama dari kawasan konsentrasi massa seperti di Jalan Juanda, Merdeka, Gasibu, Monumen Perjuangan Rakyat Jabar, Alun Alun Bandung serta dari kawasan Tegalega Bandung.

Akibatnya terjadi kepadatan arus lalu lintas di kawasan tersebut, terutama di kawasan Jalan Surapati dan Gasibu Bandung. Kemudian di Jalan Braga dan Alun Alun Bandung.

Pesta kembang api sudah berlangsung sejak beberapa jam pergantian tahun berlangsung, bau mesiu tercium di kawasan Alun Alun Bandung begitu lejitan kembang api meluncur ke udara.

"Luar biasa dan benar-benar semarak," kata Heri (34) salah seorang warga di kawasan Alun Alun Bandung.

Di sejumlah ruas jalan, detik-detik pergantian tahun juga ditandai dengan bunyi klakson kendaraan yang melintas berlangsung sekitar lima menit sehingga suasana menjadi riuh.

Di kawasan Braga, suasana penyambutan tahun baru dan pesta kembang api juga berbaur dengan gemuruh musik cadas yang dimainkan di panggung di depan sekretariat Angkatan Muda Siliwangi (AMS) serta di sejumlah panggung lainnya di kawasan Gedung Merdeka dan di Alun-Alun Bandung.

Uniknya, di jalur car free night atau di jalur tanpa kendaraan, gerai-gerai "factory outlet" tetap buka hingga tengah malam sehingga membuat suasana lain dari malam-malam biasanya.

Cuaca Kota Bandung, menjelang pukul 00.00 WIB hujan rintik berhenti. Padahal sebelumnya hujan rintik turun sejak sore hari.

Kemeriahan juga terjadi di kawasan Lapangan Upakarti di Kompleks Pemda Kabupaten Bandung di Soreang yang menjadi pusat konsentrasi massa warga Kabupaten Bandung menyambut pergantian tahun.

Sebanyak empat panggung dipasang di Lapangan Upakarti Soreang yang diisi dengan acara musik dan pementasan lainnya yang membuat suasana di kawasan Kompleks Pemda Soreang yang biasanya sepi menjadi meriah.

"Jalur di depan Kompleks Pemda Soreang cukup padat, semua konsentrasi menunggu tahun baru di sini," kata Kasat Lantas Polres Bandung AKP M Lukman.

Selain itu, warga Kabupaten Bandung di kawasan Lapangan Upakarti juga menikmati pemandangan Kota Bandung dari kejauhan yang dihiasi oleh kilatan kembang api.

"Kami antisipasi warga yang melakukan konvoi kendaraan, kami arahkan agar berlangsung tertib. Siang harinya Polres Bandung melakukan operasi sosialisasi untuk menyambut Tahun Baru 2013 dengan aman, nyaman dan tertib," tambah Lukman.***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013