ANTARAJAWABARAT.com,19/12 - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan akan meningkatkan pengamanan terhadap seluruh gereja yang ada di Provinsi Jabar jelang perayaan Hari Raya Natal tahun 2012.

"Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kita akan tingkatkan pengamanan di gereja terutama pada saat malam kebaktian," kata Kapolda Jawa Barat Brigjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya, di Mapolda Jabar, Bandung, Rabu.

Untuk pengamanan hari raya besar Umat Kristiani tahun ini, kata Tubagus, Polda Jabar mengerahkan sebanyak 19.096 personel.

"Pengamanan akan ditingkatkan di gereja-gereja. Kami mencatat ada sekitar 507 gereja yang akan dijadikan peribadatan," kata dia.

Dikatakan dia, perayaan Natal selalu berkesinambungan dengan perayaan malam Tahun Baru sehingga, jumlah tersebut juga akan dikerahkan untuk mengamankan perayaan umat di dunia.

"Kami akan mengamankan gereja dan pesta tahun baru. Terkait dua hal ini tentu jalur lalu lintas harus diamankan," ujarnya.

Ia mengatakan, pengamanan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada momen besar yang biasa digelar di akhir tahun ini.

Menurut dia, pada malam pergantian tahun baru sudah bisa dipastikan obyek wisata akan diserbu wisatawan sehingga pengamanan di sejumlah objek wisata akan juga menjadi konsentrasinya.

"Untuk lalu lintas ini juga akan diamankan dari sisi infrastruktur jalannya, serta pengamanan di terminal-terminal hingga objek-objek yang suka didatangi masyarakat," katanya. ***1***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012