ANTARAJAWABARAT.com,10/12 - Pemkot Bandung menggandeng PT Telkom dalam penerapan sistem penarikan retribusi secara online di pasar-pasar tradisional yang dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan antara PT Telkom Indonesia dengan PD Pasar Bermartabat di Kantor PT Telkom Indonesia di Jalan Japati Kota Bandung, Senin.

"Sistem penarikan retibusi berlangsung seperti biasa, tapi dilakukan secara elektronik. Program ini disinergikan dengan laporan keuangan PD Pasar Bermartabat dalam satuan ketetapan tarif (SKT)," kata Direktur Utama PD Pasar Bermartabat, Rinald Siswandi.

Sistem pembayaran yang sebelumnya dilakukan secara manual, dengan sistem itu dilakukan secara elektronik. Program tersemut merupakan bagian dari sistem IT dan implementasi bisnis solution for communitu yang dikembangkan Telkom.

Sistem retribusi online itu, kata Rinald telah diuji cobakan di tiga pasar tradisional di Kota Bandung yakni Pasar Astaanyar, Pasar Sederhana dan Pasar Ujungberung.

"Diharapkan sistem retribusi online ini bisa diterapkan di 37 pasar tradisional lainnya di Kota Bandung, sehingga bisa meningkatkan kinerja pencapaian retribusi pasar di Kota Bandung," katanya.

Ia menyebutkan, dengan sistem penarikan retribusi online itu, maka monitoring bisa dilakukan lebih intensif dan efektif . Selain itu pemasukan retribusi lebih terukur.

Ia mengakui, sistem retribusi online itu diharapkan bisa meminimalisasi tingkat kebocoran retribusi, sehingga bisa meningkatkan perbaikan infrastruktur pasar tradisional di Kota Bandung dalam meningkatkan pelayanan dan kenyamanan.

"Berdasarkan laporan, penggunaan itu bisa meningkatkan retribusi sekitar 20 persen dari total penerimaan retribusi pasar tradisional senilai Rp2,5 juta per hari," katanya.

Lebih lanjut, Rinald Siswandi menyebutkan, pihaknya akan meningkatkan fungsi pasar traadisional selain menjadi tempat jual beli kabutuhan pokok dan sandang, juga didorong untuk menjual produk khas daerah untuk mendukung sektor wisata.

"Kita tengah menyiapkan program peningkatan kapasitas pasar, selain tempat berjualan juga tempat bisnis jasa ,dengan melengkapi dengan fasilitas internet dan hotspot," kata Dirut PD Pasar Bermartabat Bandung itu menambahkan.***2***(T.S033/B/B008/B008)


Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012