Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyiapkan anggaran untuk memperbaiki jembatan yang rusak terkikis longsor agar kondisi jembatan di wilayah perkotaan itu bisa digunakan kembali dengan aman saat dilintasi kendaraan.

"Anggarannya itu diperkirakan sekitar Rp350 juta," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya, Wenda Krisnawan kepada wartawan di Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan jembatan di atas Sungai Ciloseh sebagian rusak karena terkikis longsor di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya yang selama ini jembatan itu ramai dilintasi berbagai jenis kendaraan bermotor.

Pemkot Tasikmalaya, kata dia, mengalokasikan anggaran agar jembatan itu secepatnya bisa diperbaiki.

"Kami menunggu kabar anggaran di-acc, jadi pakai anggaran Pemkot," katanya.

Ia menyampaikan perbaikan jembatan dilakukan permanen menggunakan struktur batu yang secara aturan diperbolehkan, karena kalau struktur sementara berupa bronjong itu cukup sulit dan pengerjaannya menjadi dua kali.

Pelaksanaan pengerjaannya, kata dia, melihat kondisi cuaca, karena selama ini masih sering turun hujan yang dapat menghambat pengerjaan di lapangan.
"Insya Allah bulan ini bisa dikerjakan, sepanjang ada anggaran," katanya.

Jembatan di salah satu jalan utama Kota Tasikmalaya itu rusak seperti pada bagian dinding jembatan akibat longsor yang terjadi pada 11 September 2022.

Akibatnya sebagian jalan di jembatan itu ditutup, dan kendaraan besar dialihkan ke jalur lain.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022