Pemkab Cianjur, Jawa Barat, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, menggencarkan promosi tempat wisata baru di Cianjur, untuk meningkatkan angka kunjungan serta mendukung pemulihan ekonomi.

Kepala Dibudpar Cianjur, Pratama Nugraha di Cianjur, Jumat, mengatakan berbagai promosi tingkat lokal, regional hingga nasional dilakukan untuk memperkenalkan sejumlah objek wisata andalan yang ada di Cianjur seperti wisata alam dan wisata bahari di selatan Cianjur.

"Kita mendapat dukungan juga dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk mempromosikan obyek wisata yang ada di Cianjur, termasuk menjadikan Situs Gunung Padang sebagai obyek wisata kunjungan utama di Cianjur sampai ke luar negeri," katanya.

Setelah pandemi menurun, ungkap dia, angka kunjungan setiap akhir pekan ke objek wisata yang ada di Cianjur, meningkat hingga 30 persen atau sekitar 100.000 orang pada Sabtu-Minggu dan saat libur panjang.

"Promosi dengan berbagai cara cukup tepat meningkatkan minat wisatawan untuk datang, terbukti selama tiga bulan terakhir setiap akhir pekan kunjungan ke berbagai objek wisata meningkat tajam," katanya.

Guna menunjang promosi tersebut, tutur Pratama, pihaknya juga melibatkan berbagai kalangan mulai dari pelaku pariwisata hingga anak muda yang memiliki potensi besar melalui akun media sosial seperti blogger dan youtuber dengan pengikut ratusan ribu.

Promosi secara langsung melalui dunia maya dilakukan agar objek wisata baru yang ada di Cianjur dapat cepat dikenal berbagai kalangan, mulai dari tingkat lokal hingga internasional, sehingga angka kunjungan meningkat.
"Untuk destinasi wisata baru yang sudah mulai dikenal hingga luar daerah seperti Kampung Adat Miduana, Curuh Cikondang, Curug Ngebul, Curug Citambur dan Karangpotong," katanya.

Sedangkan untuk objek wisata unggulan yang sudah dikenal hingga mancanegara seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Savilage dan obyek wisata alam Gunung Gede-Pangrango, akan mendapat sarana dan prasarana penunjang yang layak terutama infrastruktur.

"Pembangunan infrastruktur yang layak menuju tempat wisata di Cianjur, menjadi skala prioritas agar jarak tempuh wisatawan untuk sampai tidak memakan waktu lama, termasuk menuju objek wisata baru. Kita akan terus tingkatkan angka kunjungan terutama saat akhir pekan melalui promosi," katanya.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022