Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Nashrudin Azis menyambut baik adanya "Selasa Nyaruban" yaitu setiap hari Selasa aparatur sipil negara (ASN) mengenakan baju adat khas Cirebon.

"Adanya 'Selasa Nyaruban' ini ide yang sangat baik, perlu ditingkatkan, dan kami lanjuti dengan surat edaran," kata Azis di Cirebon, Jumat.

Azis mengatakan apa yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon terkait usulan satu hari dalam sepekan untuk mengenakan baju khas Cirebon bagi ASN sangat baik.

Menurut Azis, Kota Cirebon merupakan daerah yang memiliki sejarah panjang dengan warisan adat budaya, begitu pula adanya baju khas Cirebon, sehingga perlu dilestarikan, dan salah satunya dengan cara digunakan sebagai baju dinas.

Untuk itu, lanjut Azis, pihaknya meminta semua dinas atau pegawai di lingkungan Pemkot Cirebon mengenakan baju khas Cirebon pada setiap hari Selasa.
"Ciri khas ini perlu diekspos, agar masyarakat dapat mengetahui baju khas Cirebon itu seperti apa, ini juga dalam rangka melestarikan budaya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya menjelaskan, pihaknya mengambil inisiatif dan melakukan uji coba sejak awal September 2022. Di mana setiap Selasa, seluruh pegawai di Disbudpar Kota Cirebon mengenakan pakaian khas Cirebon.

"Tidak hanya itu, selama berkomunikasi antarpegawai juga menggunakan bahasa Cirebon, termasuk di grup Whatsapp," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022