Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mensosialisasikan kepada masyarakat terkait peluang kerja secara formal ke luar negeri yang akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Bagaimana peluang kerja ke luar negeri supaya pencari kerja, khususnya di Kabupaten Garut tidak takut bekerja ke luar negeri, karena peluangnya sangat besar di sana," kata Kepala Disnakertrans Garut Erna Sugiarti melalui siaran pers di Garut, Jumat.

Baca juga: Garut wakili Indonesia ikut pameran mode dan desain produk kulit di Italia

Ia menuturkan Disnakertrans Garut bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi Jawa Barat untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat sampai pedesaan.

Jajarannya, kata dia, menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang peluang kerja ke luar negeri yang bisa dilakukan secara prosedural dan pemerintah siap membantunya.

"Ini yang terpenting adalah prosedurnya, karena banyak juga tenaga kerja di kita ini yang masih bekerja ke luar negeri itu non-prosedural," katanya.
Ia berharap masyarakat memiliki keinginan untuk menjadi pekerja migran sesuai dengan keahlian dan kebutuhan negara yang membuka pekerjaan seperti profesi perawat, perkebunan, dan sebagainya.

"Kalau mereka menangkap peluang, ya, kita akan tindak lanjuti di Dinas Tenaga Kerja," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut alokasikan Rp5 miliar untuk pembangunan RSU Limbangan

Selain itu, Erna juga berharap ke depan tidak ada lagi warga Garut yang berangkat bekerja ke luar negeri tidak sesuai prosedur.

"Harapan ke depannya, ya, tidak ada lagi masyarakat yang berangkat bekerja ke luar negeri itu non-prosedural," katanya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disnakertrans Garut sosialisasikan peluang kerja formal ke luar negeri

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022