Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan lokal, khususnya dari wilayah Indonesia Timur dengan mengikuti Makassar International Eight & Forum Festival (MIEFF) untuk menggaet wisatawan dari Indonesia Timur dilakukan dengan mengikuti Makassar International Eight & Forum Festival (MIEFF).
 
"Jadi keikutsertaan kami dalam ajang itu untuk menggaet wisatawan dari wilayah Indonesia Timur. Acara tersebut akan digelar pada tanggal 7 hingga 11 September 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar di Kota Bandung, Selasa.
 
Menurut Benny, potensi kunjungan wisatawan harus perlu digenjot untuk merealisasikan target 40 juta kunjungan wisatawan lokal ke Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Pengembangan wisata di Jawa Barat Selatan akan libatkan BUMDes
 
"Kota Makassar merupakan daerah dengan infrastruktur pendukung yang strategis kawasan Indonesia bagian timur, dapat dikatakan menjadi hub pasar pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia bagian timur," kata Benny.
 
Aneka promosi dari Provinsi Jabar akan berlokasi di Paviliun F8 dan pengunjung F8 akan disuguhi pameran dan produk ekraf unggulan Jawa Barat baik itu fashion, kerajinan tangan, kesenian, kebudayaan dan lainnya.
 
Ia menuturkan kegiatan ini dikemas dalam satu suguhan menarik dengan membawa seniman-seniman interaktif yang akan berpentas di sana.
 
"Kami akan mempromosikan Smiling West Java melalui kegiatan direct promotion pariwisata, budaya dan ekonomi Kreatif Jawa Barat," kata dia.
 
Selain promosi wisata, lanjut Benny, misi Jawa Barat dalam ajang tersebut yakni mengajak pemerintah setempat untuk berkolaborasi, kerja sama bidang pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif.
 
"Pemerintah Provinsi Jawa Barat  berusaha berinisiatif untuk menyuarakan pembangunan berkelanjutan di tingkat regional, nasional dan global. Salah satunya dengan menyajikan ruang publik untuk berekspresi, dan berkarya menjadi nilai ekonomi kreatif," katanya.

Baca juga: Spektrum - Mengenal lebih dekat kawasan Belanda Depok
 
Paviliun Jabar di acara itu akan diwarnai dengan karya lukis dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Ridwan Kamil akan hadir di paviliun Jabar untuk membuka acara dan berinteraksi dengan calon wisatawan.
 
"Pak Gubenur Jawa Barat rencana nya selain menghadiri secara langsung pembukaan acara F8. Beliau akan berinteraksi langsung dengan pengunjung Paviliun Jawa Barat. Podcast dan workshop ekonomi kreatif akan dilakukan dengan berkolaborasi dengan narasumber Jawa Barat dan Makassar," kata Benny.
 
Rencananya ada sembilan lukisan karya Ridwan Kamil yang akan dipajang di paviliun Jabar.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disparbud Jabar gaet wisatawan dari Indonesia timur dengan MIEFF

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022