Vaksinasi COVID-19 penguat kedua atau dosis keempat mulai dilakukan di Kota Bandung kepada 700 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Mata Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Rumah Sakit Mata Cicendo dr Irayati mengatakan vaksinasi dosis keempat itu khusus bagi tenaga kesehatan yang bertugas di Rumah Sakit (RS) Mata Cicendo. Vaksinasi keempat itu dilakukan guna mencegah adanya penularan atau klaster COVID-19 dari fasilitas kesehatan.

Baca juga: Kota Bandung targetkan vaksinasi penguat capai 50 persen pada Agustus

"Di Rumah Sakit Mata Cicendo ada 700 nakes , dimulai dari dokter, perawat, dan analis, sampai ke tenaga kerja lainnya yang ada di Cicendo," kata dia.

Sebelumnya, kata dia, vaksinasi yang dilakukan di RS Mata Cicendo terbuka untuk umum. Namun kini vaksinasi dosis keempat itu hanya dikhususkan untuk nakes RS Mata Cicendo karena baru tahap awal.

Dia mengatakan para nakes yang bakal disuntikkan vaksin dosis keempat itu syaratnya harus telah melewati waktu enam bulan atau lebih setelah vaksinasi dosis ketiga.
Merek vaksin dosis keempat yang akan disuntikkan itu pun, katanya, tergantung merek vaksin yang sebelumnya telah disuntikkan pada dosis ketiga.

"Kalau terakhirnya Moderna, harus Moderna lagi, dan kalau yang terakhirnya Sinopharm, harus Sinopharm lagi," kata dia.

Baca juga: Pemkot Bandung percepat vaksinasi penguat usai lampaui target

Namun, kata dia, ketentuan tersebut bisa dikecualikan jika hanya ada satu merek vaksin yang tersedia saat vaksinasi dosis keempat.

"Saya kurang tahu, tapi kemungkinan ini vaksinasi dosis keempat yang pertama di Jawa Barat," kata dia.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022