ANTARAJAWABARAT.com,23/8 - Puncak arus balik Lebaran 2012 di Terminal Bus Leuwipanjang Kota Bandung, diprediksi akan terjadi pada Minggu (26/8) atau enam hari setelah Idul Fitri 1433 Hijriah.

"Perkiraan kami H+6 ialah puncak arus balik di sini dengan perkiraan jumlah penumpang sekitar 35 ribu, dengan jumlah bus sebanyak 750 hingga 800 armada," kata Kepala Terminal Leuwipanjang Erick Sujana, Kamis.

Ia mengatakan, arus balik di Terminal Leuwipanjang Kota Bandung yang terjadi pada Rabu (22/8) atau H+3 terpantau mengalami kenaikan atau ramai penumpang.

"Kemarin itu, mayoritas pemudik yang pulang ke Bandung lewat terminal ini ialah para pegawai negeri sipil yang dipastikan masuk kerja pada hari Kamis ini. Dan jumlah pemudik yang tiba kemarin itu mencapai 28.003 orang," kata dia.

Untuk hari ini, kata Erick, jumlah penumpang arus balik yang tiba di Terminal Leuwipanjang akan mengalami penurunan dan mengalami peningkatan lagi pada Sabtu (25/8) atau Minggu (28/3).

"Puncak arus mudik tahun ini yang diprediksi akan terjadi hari Minggu nanti, sepertinya akan didominasi oleh pemudik yang bekerja sebagai karyawan dan anak sekolah yang baru mulai masuk kembali pada Senin depan," kata dia.

Dikatakan dia, untuk Lebaran tahun lalu, puncak arus mudik di Terminal Leuwipanjang terjadi pada H+3 dengan jumlah penumpang mencapai 33.592 orang.

Pihaknya menambahkan, beberapa lonjakan penumpang menurut dia terjadi dalam trayek antarkota antarprovinsi (AKAP) seperti jurusan Bandung-Merak, Bandung-Tangerang-Kalideres, Bandung-Lebak Bulus dan Bandung Kampung Rambutan.

"Selain itu, lonjakan juga terjadi dalam trayek antar kota dalam provinsi (AKDP) seperti jurusan Bandung-Sukabumi, Bandung-Bogor, Bandung-Bekasi, Bandung-Depok, Bandung-Cibinong serta Bandung Cikarang," kata dia.***2***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012