Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) mendukung penuh tindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelidiki dugaan korupsi penyaluran dana bergulir fiktif di Jawa Barat periode 2012 - 2013.

"Kami mengapresiasi apa yang dilakukan aparat penegak hukum dan kami mendukung penuh proses ini. Semua proses dijalankan secara transparan terkait apa saja yang dibutuhkan KPK dalam penyidikan ini," ungkap Direktur LPDB-KUMKM Supomo dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Saat ini pihaknya telah melakukan perbaikan di sisi tata layanan, akuntabilitas, digitalisasi informasi, dan inovasi dalam upaya mendukung transformasi bisnis lembaga tersebut sehingga lebih profesional, akuntabel, dan berkelanjutan.

Baca juga: KPK kembali temukan bukti untuk kasus dugaan suap Ade Yasin

Bentuk transformasi itu antara lain layanan e-proposal yang memfasilitasi pengajuan dan pemantauan proposal pembiayaan agar lebih transparan dan memudahkan para calon mitra LPDB-KUMKM.

"Dengan digitalisasi e-proposal tentunya akan sangat membantu dan memudahkan para pelaku usaha yang akan mengajukan pinjaman dana bergulir tanpa perlu harus datang ke kantor pusat LPDB-KUMKM," ucap dia.

Transformasi lainnya ialah cash management system (CMS) untuk mendukung transaksi nontunai untuk seluruh pembayaran belanja.


Kemudian, ada juga penggunaan corporate card untuk transaksi operasional semua pegawai LPDB-KUMKM, termasuk penggunaan GeoTagging sebagai Aplikasi Perjalanan Dinas Tanpa Kertas (GeoDinas).

Perbaikan juga dilakukan di sisi tata kelola kearsipan yang ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

Menurut Supomo, penerapan tata kelola perusahaan yang baik (good  corporate  governance/GCG) mutlak sudah harus diterapkan.

"LPDB-KUMKM berkomitmen terus bertransformasi melakukan penyempurnaan seiring langkah-langkah ke depan," ujarnya.

Baca juga: KPK usut dugaan korupsi penyaluran dana fiktif LPDB-KUMKM di Jawa Barat


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LPDB-KUMKM dukung KPK selidiki dugaan penyaluran dana bergulir fiktif

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022