Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Haru Suandharu menuturkan keberadaan nilai-nilai Pancasila bisa mencegah terjadinya polemik di dalam bernegara.
 
"Dan yang penting bagi kita ialah bagaimana kita menyikapi sudut pandang yang berbeda-beda ini. Masing-masing orang punya pendapat, tapi kita bisa dipersatukan dengan cara pandang Pancasila," kata Haru Suandharu pada acara Sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan di Kota Bandung, Jumat.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Jabar gelar kuis terkait 4 Pilar Kebangsaan
 
Indonesia sebagai negara berpenduduk majemuk, yang terdiri atas beragam suku, budaya, dan agama yang tersebar di berbagai wilayah, kata dia tidak menutup kemungkinan ada potensi yang memicu terjadinya konflik.
 
Haru yang merupakan anggota DPRD Jawa Barat dari Dapil Kota Bandung dan Kota Cimahi ini menuturkan beberapa hari lalu, ramai dibicarakan mengenai ulama Indonesia yang ditolak masuk ke Singapura karena dianggap seorang ekstremis dengan ceramahnya.

Menyikapi hal tersebut, Haru menuturkan masyarakat Indonesia harus menyikapinya dengan sudut pandang yang bijak akan permasalahan itu
 
Dia mengatakan, pentingnya pemahaman Pancasila bagi masyarakat Indonesia adalah jika adanya permasalahan seperti itu.
 
Menurutnya setiap orang mempunyai pendapatnya masing, namun Pancasila lah yang mempersatukan keutuhan negara.

Baca juga: DPRD Jabar apresiasi Program Rutilahu di Cirebon
 
Selain itu, Haru juga melihat adanya polemik masa jabatan Presiden dengan menunda Pemilihan Umum Tahun 2024.
 
Dirinya menyebutkan hal tersebut sudah tertuang Undang-undang Dasar 1945 sehingga masyarakat penting memahami 4 Pilar Kebangsaan ini.
 
"Contohnya kalau pemilu diundur, itu kan dilihat lagi konstitusi kita. Harus dilihat lagi Undang-undang Dasar 1945. Kalau memang mau merubah masa jabatan presiden harus di amandemen Undang-undang Dasar 1945," ujarnya.
 
Haru berharap, dengan adanya Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini maka masyarakat dapat mengimplementasikan Pancasila, NKRI, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: DPRD Jawa Barat usul pupuk olahan KPSBU dikerjasamakan dengan pemprov
 
"Saya berharap dengan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, peserta itu bisa melihat bagaimana 4 Pilar ini dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi seperti apa, dan juga bagaimana kita hadir memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya.
 
"Sehingga jangan sampai masyarakat yang diajak pusing dengan mempertentangkan antara Islam dengan Pancasila serta antarsuku juga," lanjut Haru.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022