ANTARAJAWABARAT.com, 12/6 - Wali Kota Bandung H Dada Rosada secara resmi menandai diawalinya proyek kereta gantung di Kota Bandung dengan melakukan peluncuran di kawasan Jalan Djundjunan, Selasa.

Dada melakukan peluncuran proyek moda angkutan massal itu di areal parkir Cipaganti Rental dan dihadiri oleh para pejabat dari perhubungan serta pemangku kepentingan transportasi di Kota Kembang.

Rencananya kereta gantung itu akan dibangun dari Pasteur ke kawasan Jembatan Paspati dan ke Pasar Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Infrastruktur moda transportasi tersebut akan melintasi jalur Lembang - Bandung menyusuri alur Sungai Cikapundung hingga ke jantung Kota Bandung.

"Fasilitas ini merupakan upaya untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, diperuntukan penumpang dan bukan untuk wisata saja," kata Wali Kota Bandung H Dada Rosada.
Pembangunan moda transportasi itu rencananya akan bekerja sama dengan perusahaan dari Swiss yang memiliki pengalaman untuk pembangunan moda transportasi sejenis.

Bila terealisasi, maka itu akan menjadi moda pertama di Kota Kembang dan juga di Indonesia yang difungsikan sebagai alat transportasi.

Selain membangun kereta gantung, Kota Bandung juga akan menyiapkan areal parkir di luar Kota Kembang untuk kendaraan milik masyarakat yang akan menggunakan moda angkutan massal itu.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012