Kepolisian Resor (Polres) Garut, Jawa Barat, menyiapkan tim khusus pengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada warga saat mudik Lebaran 1443 di daerah ini.

"Dalam Operasi Ketupat Lodaya 2022 ini kita akan membuat tim pengurai kemacetan," kata Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono usai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya di Markas Polres Garut, Jumat.

Baca juga: Polres Garut minta pemda segera selesaikan permasalahan di jalur mudik sebelum Lebaran

Ia menuturkan Polres Garut sudah siap melakukan operasi pengamanan arus lalu lintas maupun antisipasi dan tindakan dari pihak yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Polres Garut, kata dia, dengan membuat tim pengurai kemacetan. Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Garut akan bergerak cepat ke titik kemacetan agar arus kendaraan kembali lancar.

"Kita akan turun ke lapangan, urai kemacetan, bila perlu gunakan jalur alternatif," katanya.
Kapolres menyampaikan jumlah personel yang disiapkan untuk pengamanan Lebaran di Garut sebanyak 1.770 personel yang berasal dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan dinas lainnya.

Polres Garut menyiapkan 29 pos pengamanan yang tersebar di sejumlah titik jalur mudik, pusat perkotaan maupun kawasan objek wisata yang diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung saat libur Lebaran 2022.

Baca juga: Pemkab Garut siap jadikan kantor pemerintahan di jalan raya tempat istirahat pemudik

"Ada pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos wisata yang tersebar di sejumlah tempat," katanya.

Ia menambahkan Polri menyiapkan aplikasi "panic button" yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meminta bantuan atau kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan mudik Lebaran 2022.
"Silakan sampaikan permasalahannya apa saja, sampaikan melalui aplikasi 'panic button'," katanya.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang hadir dalam acara gelar pasukan mengatakan pemerintah daerah siap mendukung jalannya operasi pengamanan Lebaran 2022 agar semuanya lancar dan aman.

Baca juga: Wabup Garut ajak warga divaksin agar tenang saat berkumpul di hari Lebaran

Pemerintah daerah, lanjut Helmi, saat ini sedang menyelesaikan perbaikan jalan di sejumlah wilayah, terutama di jalur mudik.

"Sekarang lagi berjalan, kita kejar perbaikan-perbaikan jalan hotmix atau cor agar bisa dilalui sebelum Lebaran 2022," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022