Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan tim vaksinator terus berupaya mengajak warga Kabupaten Garut, Jawa Barat untuk bersedia divaksinasi COVID-19 agar tetap sehat saat bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga di Hari Raya Lebaran.

"Lebaran kita bisa menerima saudara-saudara kita untuk bersilaturahim di rumah kita, diupayakan vaksin yang ketiga (booster dahulu), apalagi yang kesatu kedua silakan," kata Helmi di Garut, Rabu.

Baca juga: Pemkab Garut siap bayarkan TKD dan THR ASN

Ia menuturkan pemerintah daerah terus berupaya mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 untuk seluruh lapisan masyarakat dengan menggelar sentra vaksinasi di sejumlah tempat keramaian maupun puskesmas.

Ia mengimbau masyarakat untuk antusias mensukseskan program vaksinasi sampai tuntas atau hingga dosis 3 agar masyarakat lebih leluasa untuk melakukan aktivitas seperti perjalanan mudik saat Lebaran.

"Kita mengupayakan agar kita segera divaksin di tempat kita masing-masing," katanya.

Ia berharap setelah banyak masyarakat Garut maupun luar daerah mendapatkan vaksin maka akan tercapai kekebalan kelompok sesuai ketentuan organisasi kesehatan dunia atau WHO.

"Mari kita lanjutkan vaksin yang kesatu, kedua, ketiga, sehingga kita mencapai 'herd immunity' sesuai dengan yang ditentukan oleh badan kesehatan dunia, WHO," katanya.
 

Ia menyampaikan saat ini Kabupaten Garut masuk dalam status level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) artinya ada pelonggaran aturan untuk aktivitas masyarakat seperti dibukanya tempat fasilitas umum termasuk wisata.

Meski Garut status level 1, kata dia, bukan berarti masyarakat abai terhadap protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir di Garut.

"Walaupun demikian, tetap kita menjaga protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Alasan Bupati Garut minta dinas percepat perbaikan jalan di jalur mudik

Baca juga: Ibu dan dua anak tewas karena diracun serta bunuh diri, kata Kapolres Garut


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022