Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menyebutkan bahwa produksi kentang di daerah tersebut bisa berkontribusi hingga 26 persen dari total kebutuhan kentang di Jawa Barat.
 
Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan dalam satu tahun para petani di wilayahnya itu bisa memproduksi sekitar 40.000 ton hingga 50.000 ton kentang.
 
"Luasnya 200 sampai 250 hektare lahan pertanian kentang di Kabupaten Bandung, karena tidak selamanya tanam kentang dan kadang-kadang ada pergiliran tanam," kata Tisna di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Pemkab Bandung: Sarung perlu dilestarikan guna bangkitkan industri tekstil
 
Menurutnya Kabupaten Bandung memiliki balai pembibitan kentang yang dikerjasamakan dengan pihak lain yang dapat mendorong kualitas dan kuantitas produksi kentang. Balai pembibitan kentang itu berada di Kecamatan Kertasari.
 
"Jadi relatif sumber daya manusianya paling paham dalam pelaksanaan pertanian kentang. Ada petani asal Kabupaten Bandung yang ditarik ke Sulawesi Selatan. Itu orang Pangalengan yang ditarik ke sana untuk tanam kentang," kata Tisna.
 
Namun keberadaan lahan di Kecamatan Kertasari maupun di Pangalengan menurutnya sangat kecil sehingga para petani juga memanfaatkan lahan di sejumlah kawasan perhutanan maupun di perkebunan.
 
"Nah di Perkebunan ada slot. Slot tersebut namanya pemberdayaan masyarakat desa kebun. Memang sekarang ini, lahannya itu digarap oleh para petani untuk menanam sayuran," katanya.

Baca juga: Polri tetapkan Doni Salmanan tersangka penipuan investasi opsi biner Qoutex
 
Tanam kentang diharapkan terus berjalan, tetapi terkait konservasinya bisa dikendalikan," tambahnya.
 
Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2020 tercatat Jawa Barat memproduksi 196.856 ton kentang. Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung menjadi dua daerah penyokong utama produksi kentang dari Jawa Barat dengan menghasilkan 180.000 ton atau 90 persen produksi kentang Jawa Barat.

Baca juga: Bupati Bandung berharap pinjaman bergulir tekan pengangguran dua persen

Baca juga: Pemkab Garut mulai bertahap benahi wisata mencontoh Pangandaran

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022