ANTARAJAWABARAT.com,31/1 - Pembangunan jembatan Cimedang sepanjang 20 meter di Kampung Ampel, Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong menghubungkan Desa Margaluyu, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, yang sudah dua tahun terbengkalai masih membutuhkan dana Rp11 miliyar.

"Jembatan Cimedang sampai sekarang belum selesai, karena hasil perhitungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya masih membutuhkan anggaran sebesar Rp11 miliar," kata Ketua Komisi 2, DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin, kepada wartawan, Senin.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, kata Cecep, tahun 2012 hanya mengganggarkan dana untuk pembangunan jembatan Cimedang sebesar Rp3,5 miliar.

Dana sebesar itu hanya dialokasikan untuk pembangunan jalan, agar akses jalan menuju jembatan tersebut memadai, sehingga tidak menyulitkan kendaraan yang mengangkut material untuk membangun jembatan.

"Anggaran Rp3,5 miliar untuk akses jalan dengan panjang jalan sekitar 3 kilo meter. Kondisi jalan disana itu rusak sekali sehingga menyulitkan kendaraan yang membawa bahan untuk membangun jembatan," jelasnya.

Setelah selesai memperbaiki akses jalan menuju jembatan selanjutnya Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan menganggarkan dana fokus untuk pembangunan jembatan.

Ia berharap jembatan yang dapat mempersingkat waktu jarak tempuh bagi kedua daerah tersebut dapat cepat selesai, sehingga tidak ada lagi warga menggunakan perahu saat menyeberangi sungai Cimedang.

Selain itu keberadaan jembatan tersebut, menurut Cecep, tentu akan membangun perekonomian warga sekitar sekaligus mendukung pembangunan wilayah Jawa Barat bagian selatan yang diprogramkan Gubernur, Ahmad Heryawan.

"Tentu dengan dibangunnya jemabatan Cimedang ini akan membantu meningkatkan perekonomian warga disana," kata Cecep yang komisinya membidangi perekonomian.

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012