Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meminta seluruh Camat di kabupaten itu untuk mendata seluruh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah masing-masing, sebagai upaya menciptakan 10.000 pelaku UMKM, guna mendorong pemulihan perekonomian yang lebih cepat.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Minggu, mengatakan selama pandemi COVID-19, UMKM merupakan usaha yang tidak terlalu terdampak, bahkan dapat bertahan dan berkembang pesat dengan pasar luas hingga luar pulau melalui sistem penjualan online.

"Munculnya pelaku UMKM di masing-masing kecamatan selama pandemi, dapat menghasilkan berbagai produk unggulan, sehingga kami minta Camat untuk dapat menginventarisir berapa banyak pelaku UMKM di wilayahnya dan berapa produk unggulan yang akan diajukan," kata Herman.

Baca juga: Pemerintah genjot produk UMKM guna bentuk ekosistem ekonomi, kata Erick

Ke depan dari data tersebut, pihaknya akan membantu promosi mulai dari tingkat lokal, hingga internasional, sehingga memiliki daya saing tinggi di sejumlah pasar. Seiring masuknya Cianjur dalam PPKM level 1, pihaknya akan memfokuskan pemulihan ekonomi.

Termasuk meminta camat untuk merekrut tenaga fasilitator UMKM dan tenaga penggerak UMKM tingkat desa yang berasal dari pelaku usaha, sehingga dapat bekerjasama dengan camat di masing-masing wilayah di Cianjur.

Baca juga: Bekas bioskop di Cianjur dimanfaatkan jadi pusat pemasaran produk UMKM


"Pemkab Cianjur, akan membantu UMKM bangkit dan lebih maju karena selama pandemi, pelaku usaha tidak tergoncang dalam pemasaran hingga permodalan. Sehingga kami akan mendata, membina, mendukung dan membantu pemasaran produk yang berkualitas, sehingga dapat menampung tenaga kerja," katanya.

Bahkan dalam waktu dekat, selain membangun sentra produk UMKM di Jalan Raya Bandung, pihaknya juga akan menggelar promosi besar-besaran produk unggulan UMKM dengan menutup beberapa jalan protokol sebagai pusat pemasaran UMKM di akhir pekan.

"Kita akan tutup jalan protokol yang akan dijadikan lokasi promosi dan pemasaran UMKM di akhir pekan, sambil menunggu pembangunan sentra produk UMKM di eks Terminal Rawabango di Jalan Raya Bandung-Cianjur," katanya.

Baca juga: Menkop kunjungi Cianjur, berencana jadikan UMKM bagian rantai pasok industri

Baca juga: Astakira berharap Pemkab Cianjur berdayakan mantan pekerja migran jadi pelaku UMKM
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022