ANTARAJAWBARAT.com,19/12- Puluhan pegawai Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemkab Cianjur, Jabar, Senin, menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi Sisrenbangda dan RPJPD Tahun 2005-2025 di Hotel Green Hill, Pacet.

Hadir dalam kegiatan tersebut, staf ahli bupati, asisten bidang pemerintahan, para camat dan sejumlah tamu undangan lainnya, mengikuti Kegiatan yang digagas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Cianjur.

Kepala Bappeda Cianjur, Ratu Tri Yulia, mengungkapkan, kegiatan tersebut digelar, untuk memberikan informasi secara komprehensif tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) pada seluruh stakeholders, agar dapat dijadikan pedoman dalam menyelenggarakan rencana pembangunan di Kabupaten Cianjur.

"Diharapkan kegiatan ini, dapat memberikan landasan hukum dalam menyusun, menetapkan, melaksanakan perencanaan, dan mengendalikan serta mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah yang berkelanjutan, sehingga membentuk perencanaan yang utuh," katanya.

Dia menjelaskan, perencanaan pembangunan untuk pemerintahan daerah, menjadi penting guna menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dengan prinsip demokratis, transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

"Untuk itulah, rencana pembangunan ini, disusun dengan mengusung prinsip transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan dan berkelanjutan," ungkapnya.

Sementara itu, Saeful Millah salah seorang pemateri dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan, sehebat apapun perencanaan, kalau tidak didukung komitmen semua pihak, tidak akan menghasilkan sesuatu yang berharga.

"Untuk itu, perencanaan pembangunan, perlu didukung basis data dan informasi yang kuat, sebagai penunjang implementasi atas rencana pembangunan," katanya.***3***
Fikri

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011