Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai melakukan optimalisasi vaksinasi penguat (booster) dengan membuka pelayanan di seluruh puskesmas.

"Sekarang kita mulai mengerahkan puskesmas untuk melayani vaksinasi booster," kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Karawang, Rusli Gunawan, di Karawang, Kamis.

Baca juga: Karawang sediakan 3.000 vaksin untuk vaksinasi penguat untuk umum

Ia mengatakan, sebelumnya vaksinasi booster di Karawang digelar di tiga titik, yakni di Kantor Dinas Kesehatan Karawang, Aula Pemkab Karawang dan di Mal Pelayanan Publik Karawang.

Pelayanan vaksinasi booster di tiga titik itu sudah berlangsung sejak sepekan lalu, pada pagi hingga siang hari.

Menurut dia, untuk lebih meningkatkan cakupan pelayanan, kini vaksinasi booster bisa dilaksanakan di Puskesmas-Puskesmas yang ada di Karawang.
"Sekarang kami mulai mengerahkan Puskesmas yang berada di seluruh wilayah Karawang untuk memberikan pelayanan vaksinasi booster," kata dia.

Ia berharap agar masyarakat bisa mengikuti pelayanan vaksinasi booster, khususnya warga yang lanjut usia. Sehingga nantinya nantinya menjadi kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Tentunya harapan kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang seluruh masyarakat yang sudah divaksin pertama dan kedua itu bisa dilaksanakan pelaksanaan vaksin booster," katanya. 

Baca juga: Lansia di Karawang diprioritaskan vaksinasi penguat

Baca juga: Realisasi vaksinasi anak di Karawang mencapai 73 persen

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022