Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat akan menggelar musyawarah daerah (Musda) pada 19 Februari 2022 di Bandung, Jawa Barat, untuk menentukan arah politik pada tahun 2024.

"Untuk memenangkan suara dalam Pemilu (Pemilihan Umum) 2024," ungkap Ketua Steering Committee (SC) Musda V DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya alias Kang AW dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA di Bogor, Selasa.

Baca juga: Survei CPCS: Elektabilitas Partai Demokrat masuk tiga besar

Menurutnya, musda akan dilaksanakan sesuai dengan yang tertulis dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) serta peraturan organisasi Partai Demokrat.

Kang AW menyebutkan bahwa musda menjadi ajang bagi para Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat se-Jabar memilih para calon terbaik untuk menjadi Ketua DPD Periode 2022-2027 yang selanjutnya akan menjalani uji kelayakan oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ini merupakan pesta demokrasi kader Partai Demokrat se-Jawa Barat, sekaligus momen konsolidasi untuk terus memperkuat partai," ujar Kang AW yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Provinsi Jawa Barat.
Kemudian, AD/ART Partai Demokrat memberikan diskresi kewenangan kepada Ketua Umum AHY untuk menetapkan Ketua DPD Demokrat periode berikutnya, dengan berbagai pertimbangan seperti kemampuan menggerakkan organisasi.

"Kita yakin, di tangan yang tepat, Demokrat Jabar bisa terus memperjuangkan harapan rakyat, memenangkan suara bagi Demokrat dalam pileg dan pilkada maupun bagi Ketum AHY dalam pilpres," ujar legislator asal Kabupaten Bogor itu.

Di samping itu, ia menyebutkan bahwa Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Ketua Umum AHY dan Ketua DPD Irfan Suryanagara berhasil meraih sejumlah capaian, seperti mengatasi upaya kudeta partai.

"Pengalaman ini membuktikan Demokrat Jabar membutuhkan kepemimpinan yang kuat, mengakar, dan memahami karakter rakyat Jawa Barat untuk meraih kemenangan dalam Pemilu 2024," ujar Kang AW.

Baca juga: Survei New Indonesia tempatkan Demokrat geser Golkar di tiga besar

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022