Gerakan UI Mengajar menyelenggarakan program "Tubuh Sehat Ceria" di SDN Cibareubeu, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang bertujuan mendorong anak-anak di SDN Cibareubeu untuk belajar hidup sehat. 

Kegiatan diikuti seluruh anak-anak di sekolah dasar tersebut, mulai dari kelas satu hingga enam, dengan didampingi panitia dan pengajar dalam Gerakan UI Mengajar. 

Kegiatan dilaksanakan pada pagi hari dengan diawali senam pagi bersama, dilanjutkan dengan pembelajaran mengenai cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar. Dalam prosesnya, anak-anak SDN Cibareubeu secara antusias terlibat dalam melakukan praktik hidup sehat. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan makanan yang bergizi baik dan seimbang pada kelas masing-masing. Anak-anak dikenalkan mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, bahkan buah, melalui sarana yang unik, yakni permainan puzzle.

"Ilmu tentang kesehatannya dikemas secara sederhana dan menarik mulai dari cuci tangan, sikat gigi, isi piringku, dan buang sampah. Ini juga tepat sasaran karena di SDN Cibareubeu tidak ada tempat sampah," ucap Dian Anggraeni selaku Project Officer dari Gerakan UI Mengajar Angkatan 11. 
Disamping itu, Abel Laza selaku penanggung jawab program satu ini turut memiliki harapan agar program "Tubuh Sehat Ceria" dapat memberikan dampak jangka panjang pada anak-anak pada kehidupan mereka sehari-hari.

Gerakan UI Mengajar sebagai gerakan pengabdian masyarakat yang tidak hanya mendukung pendidikan formal sekolah dasar sebagai sasaran kegiatan utamanya, melainkan juga pendidikan informal dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan UI Mengajar meyakini bahwa keseimbangan antara pendidikan formal dengan informal sangat diperlukan, terutama pada usia dini masa sekolah dasar guna mengembangkan kreativitas anak-anak.
Gerakan UI Mengajar menyelenggarakan program "Tubuh Sehat Ceria" di SDN Cibareubeu, Kecamatan Jatinunggal, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Humas Gerakan UI Mengajar 11)


Gerakan UI Mengajar adalah kegiatan pengabdian masyarakat di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia yang berfokus pada pendidikan sekolah dasar di daerah terpelosok. Saat ini, Gerakan UI Mengajar sudah mencapai angkatan ke-11 yang mana pelaksanaannya akan dilaksanakan secara hybrid yaitu daring dan luring.
 

Pewarta: Humas Gerakan UI Mengajar 11

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022