Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan tingkat kunjungan ke tempat wisata saat libur Natal masih terpantau landai tidak ada kerumunan yang dinilai melanggar protokol kesehatan di tengah masih pandemi COVID-19.

"Sampai hari ini kondisinya masih di bawah 50 persen, perjalanan ke Garut pun bisa dilihat ya, landai," kata Rudy Gunawan saat meninjau kawasan wisata air pada musim libur Natal di Cipanas Garut, Sabtu.

Bupati Garut bersama unsur kepolisian dan TNI meninjau langsung situasi di tempat wisata maupun gereja untuk memastikan kondisinya aman dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Tempat wisata dan hotel di Garut tetap buka saat libur Natal dan Tahun Baru

Bupati menyampaikan hasil peninjauan tingkat kunjungan di tempat wisata masih di bawah 50 persen dari kapasitas tempat, begitu juga arus lalu lintas kendaraan yang masuk ke Garut masih landai tidak terjadi kepadatan.

"Hari Natal ini terkendali, baik prokes dari (tempat) pariwisata maupun pelaksanaan ibadah yang berhubungan dengan gereja-gereja," kata Bupati.

Ia menyampaikan tempat wisata ternama di Kabupaten Garut telah menggunakan aplikasi PeduliLindungi di pintu akses masuk maupun keluar untuk mendeteksi kedatangan pengunjung maupun sudah atau belum divaksin COVID-19.
"Jadi semua tempat wisata terkemuka di Garut sudah ada PeduliLindungi, tinggal nanti kita sudah ada koneksi dengan pengelola," katanya.

Ia menambahkan melalui aplikasi itu akan memudahkan petugas Satgas Penanganan COVID-19 Garut untuk memantau kunjungan wisatawan di suatu tempat.

Jika dilaporkan melebihi kapasitas tempat, kata Bupati, maka petugas khusus akan terjun langsung ke lokasi untuk menertibkan kerumunan tersebut.

Baca juga: Bupati Garut optimistis capaian vaksinasi 70 persen tuntas akhir tahun

"Jadi kalau ada 'overload' turun langsung Satgas untuk mengurai," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono menambahkan arus lalu lintas kendaraan di jalan utama Kabupaten Garut normal, begitu juga di tempat wisata.

"Situasi aman terkendali, kami sudah menyiapkan petugas dalam pengamanan Natal dan tahun baru ini," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021