Bupati Bandung Dadang Supriatna mengimbau masyarakat agar tetap berada di rumah pada saat malam tahun baru guna meminimalisir adanya kerumunan orang di masa pandemi COVID-19.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah, kalaupun mau ke tempat wisata lebih baik domestik,” kata dia di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Baca juga: 10 jalan protokol di Bandung ditutup pada malam tahun baru

Meski objek wisata tetap buka pada akhir 2021, ia mengimbau masyarakat untuk merayakan Natal dan melewati malam pergantian tahun secara sederhana di rumah.

“Memang ada ketentuan tempat wisata boleh buka, namun bagi masyarakat yang sudah divaksin dan kapasitasnya pun dibatasi, tidak lebih dari 70 persen," kata dia.

Untuk mempertegas imbauan tersebut, ia mengatakan bakal segera menerbitkan surat edaran (SE) sebagai tindak lanjut dari instruksi Mendagri (inmendagri) terbaru. Dalam instruksinya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta penutupan seluruh alun-alun pada 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.
“Bagi masyarakat yang hendak masuk ke Kabupaten Bandung akan dilakukan pengecekan vaksin dengan PeduliLindungi. Jika belum terdaftar, akan dilakukan vaksinasi oleh petugas,” kata dia.

Baca juga: Basarnas terjunkan 100 personel Siaga SAR Natal dan Tahun Baru di Jabar

Pemkab Bandung bersama TNI-Polri menggelar Operasi Lilin Lodaya Tahun 2021. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 10 hari, yakni dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Dadang mengatakan sebanyak 1.207 personel gabungan yang terdiri atas 735 Polri, 95 TNI dan 377 unsur perangkat daerah disiagakan selama adanya operasi tersebut.

“Personel gabungan ini akan mengisi pos-pos pengamanan dan pelayanan," kata dia.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan menjelaskan Operasi Lilin Lodaya merupakan langkah preventif dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas.

“Namun, akan tetap ada pengecekan random untuk sampel terkait dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Jadi kalau belum terdaftar, kami telah menyiapkan faskes (fasilitas kesehatan) yang buka 24 jam, termasuk Sabtu dan Minggu tetap buka," kata dia.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bandung Barat koordinasikan penerapan panduan libur tahun baru

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021