Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menerjunkan 100 personel untuk siaga memberikan bantuan pertolongan bagi masyarakat yang dilanda musibah pada musim libur Natal dan Tahun Baru di wilayah Jawa Barat.

"Personel dan materiil semuanya sudah siap untuk diterjunkan pada pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2022," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah saat menggelar pasukan Siaga SAR Natal dan Tahun Baru di Kantor Basarnas Bandung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin.

Ia menuturkan personel yang disiagakan dari tim Basarnas siap berkoordinasi dengan instansi maupun organisasi masyarakat seperti kepolisian, TNI, sukarelawan, PMI maupun pihak terkait lainnya.

Baca juga: Pemuda pengguna narkoba aniaya pacarnya ditangkap Polres Sumedang

Selain itu, lanjut dia, jajaran Pos SAR yang berada di sejumlah daerah seperti Cirebon, Tasikmalaya, dan Pangandaran juga disiagakan untuk memaksimalkan pelayanan selama operasi Siaga SAR Natal dan Tahun Baru.

"Kita bersinergi dengan posko-posko yang didirikan oleh Polri, Dinas Perhubungan, TNI, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman," katanya.

Ia menyampaikan kegiatan Siaga SAR khusus tahun ini bukan rutinitas tahunan melainkan ada peningkatan kualitas dari segi sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana agar maksimal dalam menghadapi Siaga SAR tersebut.
 

Basarnas, lanjut dia, terus meningkatkan kesiapsiagaan, khususnya menghadapi bencana hidrometeorologi di musim penghujan yang memiliki potensi terjadinya bencana alam.

Baca juga: Polisi periksa orang yang sempat dilaporkan hilang di Cadas Pangeran

Ia mengimbau seluruh personel untuk tetap koordinasi, sinergis, dan profesional dengan potensi SAR ataupun pemangku kebijakan lainnya, terutama menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan tugas.

"Bagaimana kita bisa memberikan pelayanan secara cepat, tepat, aman, dan terpadu," katanya.



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021