Rumah milik warga di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jabar, ambruk setelah diterjang angin kencang yang disertai hujan deras sekitar pukul 17.00 WIB, namun tidak ada korban jiwa maupun luka pada kejadian ini.

"Kami sudah melakukan pendataan ke lokasi rumah ambruk tepatnya di Kampung Cihaur RT 04/ 03, Desa Cihaur, dan hanya satu rumah yang diterjang angin kencang," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan Dandi Sulaeman di Sukabumi, Selasa.

Informasi yang dihimpun, bencana rumah ambruk tersebut berawal saat pasangan suami istri yakni Agus dan Cicih pemilik rumah tersebut tengah asyik nonton televisi di ruang tengah.

Tetapi, melihat hujan deras disertai angin kencang Cicih merasa tidak enak hati dan ia sempat khawatir terjadi sesuatu. Belum sempat rasa khawatirnya hilang dalam benak pikiran ibu rumah tangga itu, terdengar suara gemuruh angin dan tiba-tiba bagian belakang atau dapur rumahnya ambruk.

Sontak Cicih pun lari ke belakang rumah untuk melihat kejadian tersebut seraya meminta tolong kepada suaminya. Agus yang mendengar suara teriakan dari istrinya langsung berlari dan melihat kondisi dapurnya sudah porak poranda.
Dandi menambahkan karena hanya bagian dapur yang ambruk, rumah tersebut masih bisa dihuni oleh keluarga kecil ini tapi pihaknya mengimbau untuk selalu waspada mengingat hujan deras disertai angin kencang bisa saja kembali terjadi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan serta melaporkan kejadian ini kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta unsur terkait lainnya," katanya.

Hingga saat ini, petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, relawan dan perangkat desa serta masyarakat masih bergotong royong untuk membantu membersihkan puing bangunan dapur yang ambruk tersebut.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021