Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Sejumlah perusahaan di salah satu pusat industri terbesar China berhenti beroperasi untuk sementara ketika otoritas setempat berupaya mengendalikan wabah COVID-19.

Baca juga: Info terkini pandemi COVID-19 di dunia

* Malaysia telah menyetujui secara bersyarat penggunaan campuran antibodi dosis tunggal Ronapreve buatan Regeneron dan Roche untuk mengobati pasien COVID-19.

* India melaporkan jumlah kasus aktif COVID-19 terendah dalam 18 bulan, namun penurunan drastis jumlah orang yang mengenakan masker menimbulkan kekhawatiran.
Timur Tengah dan Afrika

* Nigeria akan memusnahkan sekitar satu juta dosis vaksin kedaluwarsa dan sedang mengambil langkah-langkah diplomatik untuk mencoba mengubah larangan perjalanan yang diberlakukan pada negara itu oleh sejumlah negara lain.

Baca juga: Kabar terbaru pandemi COVID-19 di dunia

* Presiden Republik Demokratik Kongo, negara dengan tingkat vaksinasi terendah di dunia, mendesak masyarakat untuk mendapatkan vaksin setelah varian Omicron terdeteksi di sana dan jumlah kasus meningkat drastis.

Amerika

* Kasus COVID-19 di Kanada kemungkinan akan meningkat pesat dalam beberapa hari mendatang akibat penyebaran lokal varian Omicron. Prediksi tersebut mencerminkan situasi yang terjadi di Ontario, provinsi terpadat di negara itu.

* Angkatan Udara AS mengatakan 27 orang anggotanya telah diberhentikan karena menolak menjalani vaksinasi COVID-19.
* Mahkamah Agung AS menolak permohonan uji materi terhadap kebijakan pemerintah Negara Bagian New York yang menolak mengecualikan alasan agama dalam aturan wajib vaksin COVID-19 bagi pekerja kesehatan. Permohonan itu diajukan sekelompok dokter dan perawat Kristen dan sebuah organisasi yang mempromosikan skeptisisme terhadap vaksin.


Baca juga: Kabar COVID-19 dunia, dari 'apartheid vaksin' sampai 'long COVID'

Eropa

* Sedikitnya satu orang meninggal di Inggris setelah terinfeksi Omicron. Kasus tersebut menjadi kematian terkonfirmasi pertama di dunia yang dikaitkan dengan varian baru virus corona itu.

* Liga Primer Inggris menemukan 42 kasus COVID-19 pada pesepak bola dan staf di berbagai klub sepanjang pekan lalu.

Perkembangan Medis

* Samsung Biologics dan AstraZeneca memperluas kemitraan yang mencakup pengobatan COVID-19 dan kanker.

* Novavax mengajukan izin penggunaan darurat bagi vaksin COVID-19 buatannya kepada pemerintah Uni Emirat Arab.

Sumber: Reuters

Baca juga: Info terkini pandemi COVID-19 di dunia

Pewarta: Anton Santoso

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021