Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta setiap camat agar mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayah masing-masing guna menuntaskan target 100 persen.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan percepatan vaksinasi itu perlu terus dilakukan guna membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Kota Bandung capai 73 persen

"Mudah-mudahan bisa bersama-sama menyelesaikan target vaksinasi, karena kita sudah mencapai angka 99 persen," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, sejauh ini sudah ada 1.936.553 orang atau 99,19 persen dari target 1.952.358 orang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama .

Sedangkan dosis kedua mencapai 87,51 persen. Dari target tersebut, sudah 1.708.548 orang di Kota Bandung yang menerima vaksinasi dosis kedua.
Program vaksinasi menjangkau lima kategori masyarakat, mulai dari SDM kesehatan, petugas publik, lanjut usia (lansia), masyarakat umum, hingga remaja.

Dari lima kategori tersebut, di Kota Bandung masih ada dua kategori yang belum mencapai 100 persen untuk dosis pertama, yakni kategori masyarakat umum dan lansia.

Baca juga: Pemkot Bandung berusaha percepat penuntasan vaksinasi remaja

Untuk masyarakat umum baru mencapai 78,05 persen dari target sebanyak 1.339.046 orang. Sedangkan lansia baru mencapai 78,20 persen dari target 206.046 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengimbau kepada masyarakat agar mendatangi sentra dan pos vaksinasi yang tersedia di wilayah masing-masing. "Penyisiran masih dilakukan, bila tidak ada hambatan kesehatan segera ke Puskesmas atau pos vaksinasi," kata Ahyani.

Baca juga: Pemkot Bandung ajukan vaksinasi COVID-19 siswa digelar di seluruh sekolah

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021