ANTARAJAWABARAT.com,5/10 - Ratusan mobil bekas asal Jakarta keluaran dibawah tahun 1997 berbagai merk seperti Toyota, Suzuki dan Daihatsu tampak "membanjiri" Kota Cirebon, Jawa barat.

"Mobil bekas di Kota Cirebon lebih tertarik membeli kendaraan roda empat asal Jakarta karena harga cukup rendah dibandingkan kota lain, kondisi kendaraan layak pakai untuk jarak jauh,"kata Oki salah seorang pedagang mobil bekas di kota Cirebon kepada wartawan di Cirebon, Rabu.

Mobil bekas asal Jakarta, kata Oki, kondisi mesin dan body masih terawat sehingga pedagang masih mendapatkan untung cukup tinggi dibandingkan kendaraan asal Bandung dan Semarang. Selin itu, pembeli saat ini pengurusan balik nama mudah dan praktis.

Ia menjelaskan, pasaran mobil bekas asal Jakarta terjangkau oleh konsumen di Kota Cirebon yang penting bagi mereka mesin bandel juga penampilan kendaraan masih tetap menawan, seperti mobil Toyota kijang tahun 1990 laku terjual kurang dari Rp45 juta, modal pembelian kurang dari Rp42 juta masih ada selisih keuntungan untuk pedagang.

Konsumen di kota Cirebon memilih mobil bekas asal Jakarta karena jarak Jakarta Cirebon cukup dekat, selain itu kendaraannya masih terawat meski berumur tua, berbeda dengan kendaraan dari Semarang dan Bandung harga sudah tinggi, katanya.

Aris pedagang mobil bekas lain menuturkan, ratusan mobil bekas asal Jakarta mulai membanjiri kota Cirebon sejak awal tahun 2000, karena harga mobil bekas masih rendah sehingga diminati oleh sebagian penjual mobil bekas, selain itu kondisi mesin dan body kendaraan terawat.

Ia menjelaskan, selain mobil bekas keluaran dibawah tahun 1997 untuk mobil terbaru tahun pembuatan diatas 2008 mulai dilirik konsumen di Kota Cirebon karena harga rendah kualitas mobil masih layak pakai, seperti Honda Jazz tahun 2009 masih jadi rebutan pembeli.

Kualitas mesin dan body jadi pilihan konsumen karena mereka beli kendaraan bekas tersebut bisa langsung pakai, sehingga menghemat biaya perawatan bengkel, kata Aris, mobil bekas selama ini menjadi pilihan utama bagi mereka sering ganti kendaraan.

Menurut dia, jumlah kendaraan bekas asal Jakarta yang kini berada di Cirebon sudah mencapai ribuan, namun diantara mobil tersebut pembelinya sudah mengurus surat-surat kendaraannya menjadi plat E, karena cukup mudah dan murah sehingga mereka tidak perlu memperpanjang STNK ke Jakarta.

Sementara itu Asep salah seorang konsumen mobil bekas asal Jakarta mengaku, kendaraan bekas asal Jakarta terutama roda empat kondisi mesin dan body masih terawat, sehingga dilirik pembeli di kota Cirebon selain itu harganya masih terjangkau.

Dia menjelaskan, harga mobil bekas merk Toyota Kijang tahun pembuatan 1992 kurang dari Rp46 juta kondisi mesin dan body masih lumayan menarik konsumen, untuk harga kisaran dibawah Rp50 juta relatif terjangkau bagi masyarakat.***5***





Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011