Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jawa Barat Dewi Sartika mengatakan tingkat kepatuhan memakai masker di Jawa Barat mencapai 97 persen.

"Tingkat kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker mencapai 97 persen. Artinya masyarakat sebagian besar sudah terbiasa menggunakan masker," ujar Dewi dalam dialog produktif "Tetap Waspada dan Jangan Lengah di Akhir Tahun" yang dipantau, Rabu.

Dia menambahkan persentase penerapan jaga jarak di Jawa Barat mencapai 82 persen. Begitu juga untuk persentase keterisian rumah sakit berada di bawah tiga persen, dan angka kesembuhan di atas 97 persen. Saat ini di Jawa Barat terdapat sebanyak 863 kasus aktif.

Baca juga: BIN Jabar percepat vaksinasi di daerah yang belum 70 persen

Kegiatan ekonomi di wilayah tersebut juga sudah berjalan dengan baik, meskipun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk kawasan yang berkerumun dilakukan pemantauan dengan aplikasi Peduli Lindungi.

"Kehidupan sudah menuju perbaikan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," imbuh dia.

Sebagian besar kabupaten/kota di Jawa Barat, lanjut dia, berada pada wilayah PPKM level dua, dimana dari 22 dari 27 kabupaten/kota berada level dua.


"Relaksasi sudah dilakukan, kegiatan ekonomi sudah berjalan dengan protokol kesehatan. Masyarakat juga sudah terbiasa menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada," terang dia.

Selain itu, petugas dari Satpol PP maupun TNI/Polri juga membantu penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Sejumlah pertemuan pun masih dibatasi sesuai dengan level wilayah tersebut.

Baca juga: JQR salurkan bantuan Gubernur Jawa Barat bagi warga Gunung Puntang Bandung

Untuk Natal dan Tahun Baru, lanjut Dewi, pihaknya tetap akan melakukan pembatasan pertemuan di wilayahnya.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan sejumlah pemerintah daerah untuk mempersiapkan antisipasi libur Natal dan Tahun Baru. Tidak perlu panik, tapi harus tetap waspada," kata dia lagi.

Pewarta: Indriani

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021