ANTARAJAWABARAT.com, 20/9 - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan jalur sepeda di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, dapat beroperasi mulai Minggu (25/9).

"Plt Wali Kota Bekasi akan meresmikan jalur khusus sepeda pada pada Minggu dalam kesempatan 'car free day'," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Supandi Budiman di Bekasi, Senin.

Peresmian jalur khusus sepeda sepanjang 2 kilometer yang membentang mulai dari simpang Pekayon hingga Stadion Patriot Bekasi itu diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan pesepeda Kota Bekasi akan prasarana transportasi yang aman.

"Sengaja kami resmikan di ajang car free day yang biasa digelar pada minggu kedua dan keempat setiap bulannya karena pengoperasian perdana dimaksudkan untuk mengetahui respon awal dari masyarakat," katanya.

Jalur khusus sepeda selebar 1,5 meter ditandai dengan garis putus-putus di sebagian titik dan sisanya garis utuh sebagai pemisah jalan. Pada ujung jalur didapati gambar sepeda yang digambar menggunakan cat putih.

Supandi mengatakan, Jalan Ahmad Yani dipilih sebagai lokasi perdana jalur khusus sepeda karena dinilai paling memungkinkan dibandingkan jalan yang lain.

"Di sana ada jalur lambat dan jalur cepatnya, sehingga tidak akan berebut dengan pengguna jalan lainnya. Risiko kecelakaannya pun minim. Pemasangan rambunya juga lebih mudah," kata Supandi.

Andi Firdaus

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011