ANTARAJAWABARAT.com,16/9 - Dinas Kebakaran Kota Bandung menilai kebakaran yang terjadi di Pasar Induk Gedebage merupakan kebakaran terbesar yang pernah terjadi selama 2011, hingga September tahun ini.

"Saya pikir kebakaran ini merupakan kebaran terbesar selama 2011 ini karena kita harus menurunkan 60 petugas pemadam kebakaran yang termasuk bantuan lainnya," kata Kepala Bidang Operasional Dinas Kebakaran Kota Bandung, Dedi Sofian, di Bandung, Jumat.

Menurutnya, luas lahan yang terbakar tidak kurang dari 0,25 hektare dan jumlah kios yang terbakar sekitar 96 kios, dengan demikian kebakaran itu termasuk kebakaran besar bahkan selama 2011 itu merupakan kebakaran terbesar.

"Kebakaran yang pernah terjadi sebelumnya pada 2011 tidak separah ini, karena kebakaran ini memerlukan bantuan mobil juga air dari Pertamina, kami menurunkan sekitar 16 unit, dari Kota Bandung 12 unit, dari Kabupaten Bandung tiga unit, sisanya dari swasta," katanya.

Ia menceritakan, di tahun-tahun sebelumnya ada kebakaran di Pasar Andir Kota Bandung, dan pada saat itu pihaknya memerlukan waktu dua hari untuk membereskan api tersebut.

"Kemudian pernah di salah satu swalayan, pada saat itu kami memerlukan waktu untuk memadamkan kurang lebih satu minggu, sedangkan untuk Gedebage ini memerlukan waktu berjam-jam," katanya.

Sementara itu, dari data yang diperoleh dari Diskar, kebakaran di Kota Bandung sudah mencapai seratus lebih, karena dari Januari 2011 hingga Juli 2011 mencapai 70 kasus kebakaran, dan pada Agustus 2011 ada 20 kasus kebakaran.

Selain itu pada bulan September 2011 kebakaran masih kerap terjadi salah satunya Gedebage tersebut yang dinilai paling besar selama 2011.

Sebelumnya, pada awal bulan Ramadhan atau Agustus 2011, pihak Diskar melakukan acara sosialisasi mencegah kebakaran dan pada saat itu diundang sejumlah jajaran Pemkot termasuk Camat.

Tetapi hingga kini, kebakaran masih terjadi, dan terbukti selama Agustus 2011 kebakaran terjadi 26 kasus, dengan begitu bisa dirata-ratakan hampir tiap hari terjadi kebakaran selama Ramadhan.

Dan selama itu juga, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung selalu mengingatkan warganya untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan api dan selalu menjaga agar tempatnya tidak kebakaran, namun warga masih belum mendengar atau menyepelekan hal itu.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Dada Rosada pernah mengatakan, kebakaran merupakan musibah yang bisa kita cegah.***4***
(T.PSO-278/B/I006/I006) 16-09-2011 13:34:26

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011