ANTARAJAWABARAT.com,13/9 - Sebanyak 600 tenaga kesehatan gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran (Unpad) siap melayani kesehatan gigi gratis yang dibuka di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG Unpad, Jalan Sekeloa Selatan No.1, Bandung.

Pemeriksaan dan perawatan gigi gratis ini ditujukan bagi masyarakat umum mulai dari Senin (12/9) hingga Jumat (16/9), kata Ketua Pelaksana Kegiatan, drg Sri Susilawati, kepada wartawan di Bandung, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan sosial itu digelar dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang jatuh setiap tanggal 12 September.

"Bulan Kesehatan Gigi Nasional tahun ini digelar oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) bekerja sama dengan PT Unilever Indonesia melalui Pepsodent. FKG Unpad menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan BKGN di Bandung," kata Sri.

Sri menuturkan, kegiatan ini digelar selain untuk menginformasikan tentang pentingnya kesehatan gigi pada masyarakat, juga untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap perawatan gigi.

"Jadi melalui acara ini masyarakat umum dan juga anak-anak sekolah diberi kesempatan untuk mendapatkan perawatan gigi, penambalan gigi, pencabutan gigi, pembersihan karang gigi, dan pencegahan penyakit gigi secara gratis," ujarnya.

Selain Unpad, kata Sri, perawatan dan pemeriksaan gigi gratis dalam rangka BKGN 2011 ini juga dilaksanakan di 14 Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi di seluruh Indonesia dengan mengerahkan sebanyak 2.600 tenaga kesehatan gigi. Untuk Jawa Barat, FKG Unpad menjadi pusatnya.

"Karena selain untuk menginformasi pentingnya kesehatan gigi, kami juga punya tujuan untuk mensosialisasikan tentang rumah sakit gigi dan mulut. Karena masih banyak masyarakat yang tidak tahu," katanya.

Tenaga kesehatan gigi yang disediakan Unpad, kata Sri, merupakan staf pengajar, dokter gigi yang sedang mengambil program spesialis, mahasiswa 'co-ass', mahasiswa FKG Unpad, dan sejumlah dokter gigi lulusan FKG Unpad.
"Kami siap melayani masyarakat mulai jam 8 pagi sampai 4 sore," lanjutnya.

Berdasarkan pemantauan, pasien yang datang didominasi oleh anak-anak usia 5-10 tahun. "Memang target utama kami adalah anak-anak. Namun, orang-orang dewasa pun tetap bisa memanfaatkan pelayanan ini," kata Sri.

Dari data terakhir, kata Sri, sudah tercatat sebanyak 500 pasien yang datang sejak kemarin hingga pagi ini.

"Jika dilihat dari BKGN 2010, sambutan masyarakat memang sudah sangat baik. Jadi, untuk tahun ini kami targetkan sebanyak 3000 pasien yang datang ke pelayanan ini," tutur Sri.

Selain masyarakat umum, panitia BKGN Unpad juga mengundang 2000 siswa dari 10 sekolah dasar di Bandung untuk memeriksakan gigi mereka. Selain itu, para siswa juga mendapat pengarahan cara menggosok gigi yang benar.

Faisal siswa dari SD Sejahtera Bandung misalnya, yang datang untuk memeriksakan giginya.

"Gigi saya suka sakit, kayanya bolong. Saya sampai gak bisa tidur kalau gigi sudah sakit," katanya.

Bagi masyarakat yang mempunyai keluhan pada gigi dan mulut, bisa langsung kunjungi pelayanan kesehatan gigi gratis ini di RSGM FKG Unpad, Jalan Sekeloa No.1, Bandung, dari pukul 08.00-16.00 WIB.***6***
(T.PSO-277/B/Y008/C/Y008) 13-09-2011 10:31:04

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011