ANTARAJAWABARAT.com,5/9 - Hari pertama masuk kerja diwarnai dengan bergemuruh kembali suara mesin tekstil di sentra tekstil Majalaya yang selama sembilan hari istirahat ditinggal mudik Hari Raya Idul Fitri 1432 H para karyawannya.

"Hari ini pekerja masuk lagi mulai shift pagi, masih ada yang bolos memang. Namun sebagian besar pekerja sudah masuk kerja lagi," kata Samsudin (36) petugas keamanan pabrik tekstil di Majalaya, Senin.

Tanpa ada acara seremonial, cukup dengan saling bersalaman satu sama lain, para pekerja langsung menjalankan mesin tempat mereka masing-masing.

Gemuruh suara mesin mulai didengar warga mulai pukul 07.00 WIB dan selanjutnya Majalaya kembali beraktivitas seperti biasa yang diwarnai kebisingan mesin pabrik.

Cerobong asap yang selama libur berhenti mengepulkan asapnya, kini kembali mengepulkan asap kehitaman ke udara sebagai tanda beraktivitas kembali pabrik itu.

Sementara itu aktivitas para pekerja yang berangkat kerja juga sudah mewarnai jalanan di Majalaya sejak pagi hari. Mereka bergerombol di pintu-pintu gerbang menuju tempat kerjanya sambil bersilaturahim dan bersalaman satu sama lain.

Rumah-rumah bedeng atau kontrakan para pekerja juga sudah kembali diisi penghuninya yang hampir 10 hari mudik Lebaran 2011.

Meski demikian, ada sejumlah pabrik yang belum beraktivitas karena belum ada order. Namun dalam satu dua hari ke depan pabrik tersebut sudah beroperasi.

"Ordernya belum ada, katanya mulai Rabu nanti," kata Indriani salah seorang pekerja.

Aktivitas hari pertama kerja juga terlihat di kawasan industri Dayeuhkolot Kota Bandung yang ditandai dengan terjadinya kemacetan arus lalu lintas di sejumlah pintu gerbang pabrik di sana.***5***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011